Presiden RI Joko Widodo saat memberi sambutan peresmian Tol Pandaan Malang (ist)
Presiden RI Joko Widodo saat memberi sambutan peresmian Tol Pandaan Malang (ist)

MALANGTODAY.NET – Tiga seksi ruas tol Pandaan Pandaan Malang, Jawa Timur diresmikan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). Kehadiran tol ini diharapkan mampu menggenjot pariwisata dan pendidikan di Malang.

Hal tersebut diutarakan Jokowi dalam kata sambutan sebelum menekan tombol sirene peresmian tol. Ia menilai Kota Malang punya potensi dalam hal wisata dan pendidikan. Maka aksebilitas dan percepatan mobilitas penting ditingkatkan.

“Semoga tol ini bisa mempercepat mobilitas barang, jasa, dan orang sehingga kita harapkan di Malang Raya ini betul-betul menjadi sebuah kawasan wisata yang terkoneksi dengan tol ini,” ujarnya, Senin (13/5/2019).

“Saya kira ini sangat membantu untuk pengembangan di bidang pariwisata dan pendidikan di Kota dan Kabupaten Malang serta sekitarnya,” tambahnya lebih lanjut.

Ketiga ruas jalan tol yang diresmikan oleh Presiden ini terbentang sepanjang 30,625 kilometer yang menghubungkan Pandaan hingga Singosari dengan rincian seksi 1 sepanjang 15,475 kilometer menghubungkan Pandaan dengan Purwodadi, seksi 2 sepanjang 8,050 kilometer menghubungkan Purwodadi dengan Lawang, dan seksi 3 sepanjang 7,100 kilometer menghubungkan Lawang dengan Singosari.

Tuntas akhir 2019

Saat ini, kementerian terkait beserta pihak kontraktor masih mengerjakan pembangunan seksi 4 dan seksi 5 jalan tol tersebut. Nantinya, ruas Singosari akan terhubung dengan Pakis dan Malang sepanjang 7,863 kilometer. Bila dihubungkan mulai dari Pandaan hingga Malang, ruas kelima jalan tol tersebut menjadi sepanjang 38,488 kilometer.

“Memang masih kurang sedikit, kurang 7,8 kilometer. Tapi tadi saya sudah kejar agar ini bisa diselesaikan maksimal akhir tahun. Syukur bisa maju,” tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa merasa bahagia atas kehadiran Bapak Presiden RI, Joko Widodo untuk meresmikan Tol tersebut. Baginya jika ruas seksi 4 dan 5 diadakan makan 7,2 wisatawan akan berkunjung ke Batu.

“Jadi kalau 7,2 juta wisatawan ke Baru kalau nanti bisa disuport oleh International Airport dan kemudian harapan memang kami sangat sering koordinasi dengan Pemkab dan Pemkot Batu Malang, Kita berharap bahwa ketiga wilayah ini akan menjadi Malang Raya yang menjadi sentral pertumbuhan ekonomi yang luar biasa,” ujarnya. (Arb/Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.