Rendra : Kabupaten Malang Kekurangan 5.000 ASN
Bupati Malang, Rendra Kresna menjelaskan Kabupaten Malang saat ini kekurangan 5 ribu ASN @MalangTODAY/istimewa

MALANGTODAY.NET – Bupati Malang, Rendra Kresna menyatakan saat ini pemerintah Kabupaten Malang membutuhkan sekitar 5 ribu Aparatur Sipil Negara (ASN). Kekurangan jumlah ASN tersebut, menurut Rendra tersebar di hampir semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Pria yang menjabat dua periode sebagai Bupati Malang tersebut menjelaskan kekurangan ASN tersebut sebagian besar di kalangan pendidik. “Agar proses kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, mau tidak mau banyak sekolah, khususnya SD yang mengangkat tenaga Guru Tidak Tetap (GTT) atau honorer dengan gaji yang tidak manusiawi,” kata Rendra kepada Antara, Sabtu (18/3).

Ia mengatakan jumlah SD di Kabupaten Malang sebanyak 1.500 lebih dan setiap sekolah hanya memiliki 2-3 guru ASN, selebihnya diisi oleh guru honorer yang direkrut masing-masing sekolah berdasarkan kebutuhan.

Selain kekurangan tenaga guru di SD, lanjutnya, akibat kekurangan ASN ini, banyak kepala seksi (kasi) di lingkup SKPD yang tidak memiliki anak buah (staf), bahkan banyak jabatan sekretaris desa (sekdes) yang tidak terisi, apalagi sekarang tidak ada lagi ASN yang diangkat dari lulusan SMA.

Di Kabupaten Malang, lebih lanjut pria berdarah Pamekasan ini menjelaskan, satu ASN (PNS) melayani sekitar 400 orang. Rasio itu semakin tidak ideal setelah dalam lima tahun terakhir ini tidak ada rekrutmen CPNS, padahal ASN yang pensiun di Kabupaten Malang rata-rata mencapai 400 hingga 500 orang per tahun.

Oleh karena itu, kata Rendra, saat ini perlu ada penelitian dan analisa terkait keberadaan dan kebutuhan ASN di setiap daerah.

“Pemerintah pusat jangan semuanya dianggap rata, bahwa jumlah ASN sekarang ini terlalu gemuk, padahal setiap daerah kondisi dan kebutuhannya tidak sama. Saya berharap Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan penelitian tentang masalah ASN ini,” tutupnya.(zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here