Ratusan ASN Pemkab Malang Mendadak Jalani Tes Urine
Suasana tes urine yang dilakukan terhadap ratusan ASN Pemkab Malang (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Malang menggelar tes urine secara mendadak terhadap 400 aparatur sipil negara (ASN).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Malang, Nurman Ramdanysah mengatakan bahwa tujuan utama diadakannya tes urine tersebut sebagai langkah antisipasi agar tidak ada penyalahgunaan narkotika di kalangan ASN Pemkab Malang.

“Tentunya kegiatan ini untuk meningkatkan kedisiplinan pegawai, karena akhir-akhir ini di Indonesia menurut data BNN Pusat masih tinggi angka penyalahgunaan narkoba,” ujar Nurman kepada MalangTODAY, Selasa (10/10).

Asn Tes Urine (2)
Suasana tes urine yang dilakukan terhadap ratusan ASN Pemkab Malang (Dhimas)

Lebih lanjut, Nurman menambahkan jika tes urine tersebut merupakan tahap pertama yang dilakukan terhadap ASN di 9 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Tes urine dilakukan secara mendadak agar semua berjalan maksimal.

“Tentu waktunya kita selenggarakan silent ya, baru malam kami beritahu mendadak agar melakukan persiapan,” imbuhnya.

Nurman sendiri berharap dari hasil tes urine tidak ditemukan ASN yang terindikasi terlibat penyalahgunaan narkoba. Namun, jika ada ASN yang diketahui terlibat penyalahgunaan narkoba maka akan dikenakan sanksi yang berat.

“Langsung akan kami proses, BKD yang akan pertama kali memproses, tentu secara berjenjang akan kami naikkan ke Bupati. Untuk hukuman disiplin pasti ada dan sekali lagi kami tidak berharap ada yang terlibat,” jelasnya.

Mantan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Malang itu juga mengatakan bahwa pihaknya total menyasar 1.600 ASN. Nantinya tes urine akan dibagi dalam empat tahap dalam beberapa hari kedepan.(mas/ind)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.