Pupuk Bersubsidi untuk Petani Kabupaten Malang Masih Tercukupi
Pupuk bersubsidi (Istimewa)
Editor : Endra Kurniawan

Reporter : Dhimas Fikri

MALANGTODAY.NET – Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Malang memastikan ketersediaan pupuk bersubsidi mencukupi untuk petani Kabupaten Malang hingga akhir tahun ini.

Kabupaten Malang sendiri mendapat pupuk bersubsidi sebanyak 154.273 ton pertahun. Penyaluran pupuk bersubsidi itu juga diawasi secara ketat.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Malang, Muhammad Nasri mengatakan saat ini pihaknya telah meyalurkan pupuk bersubsidi hingga 56 persen pada petani di Kabupaten Malang.

“Sampai bulan ini kita sudah menyerap hampir 90 persen (dari total 154.273 ton, red). Kemarin ditambah ZA, 3.000 ton,” ucap Nasri di sela-sela Penutupan Hari Krida Pertanian ke-45, Kamis (7/12).

Pupuk memang menjadi bagian vital dalam industri pertanian. Dalam beberapa waktu terakhir, petani di sejumlah daerah di Indonesia mengeluhkan langkanya pupuk bersubsidi.

Akibatnya, para petani di sejumlah daerah itu terancam gagal panen. Beruntung petani di Kabupaten Malang belum merasakan kelangkaan pupuk bersubsidi tersebut.

Berdasarkan data dari Kementerian Pertanian hingga 29 November 2017, penyaluran pupuk bersubsidi telah mencapai 8.180.816 ton dari total alokasi pupuk bersubsidi 9.550.000 ton.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda