Posisi 9 Nasional, Potensi Bencana di Kabupaten Malang Lengkap
Upaya evakuasi anak-anak yang terdampak banjir di Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan beberapa waktu lalu @Dhimas

MALANGTODAY.NET – Kabupaten Malang menjadi salah satu daerah yang rawan terjadi bencana. Berbagai macam potensi bencana dapat terjadi di Kabupaten Malang.

Potensi bencana yang bisa terjadi di Kabupaten Malang antara lain gunung meletus, tanah longsor, banjir, gempa bumi, gelombang tinggi, angin puting beliung, tanah bergerak, kekeringan dan lain sebagainya.

Segala potensi itu tentu tidak diinginkan oleh penduduk di Kabupaten Malang. Namun, kondisi geografis Kabupaten Malang memang bisa memicu timbulnya salah satu dari sekian potensi bencana diatas.

“Dimulai dari ketinggian hingga dataran rendah, ancaman yang terkait bencana itu lengkap di Kabupaten Malang. Sehingga Kabupaten Malang itu menduduki peringkat 2 di Jawa Timur, dan 9 di Indonesia,” ungkap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bambang Istiawan, baru-baru ini.

Mantan Camat Sumbermanjing Wetan ini menambahkan, sepanjang awal tahun 2019 ini, sejumlah bencana alam sudah menerjang beberapa wilayah di Kabupaten Malang.

“Mulai awal Januari sampai pertengahan Februari ini, itu memang sudah ada beberapa kejadian. Walaupun bisa kita katakan, skalanya skala kecil. Baik yang terkait dengan banjir, ada longsor, puting beliung,” jelasnya.

Lebih lanjut, mantan Kepala Satpol PP Kabupaten Malang tersebut mengingatkan agar masyarakat selalu waspada dengan potensi bencana yang ada. Selain itu, Bambang menerangkan, wilayah Kabupaten Malang yang luas dengan 390 desa/kelurahan dari 33 kecamatan, membuat pihak BPBD mendapatkan tantangan tersendiri.

“Kita memang perlu waktu, untuk bisa mensosialisasikan kepada masyarakat utamanya kepada mereka yang ada di daerah yang rawan,” pungkasnya. (DHI/sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.