Pondok Asimilasi Ngajum Diusulkan Jadi Lapas Terbuka
Suasana pondok asimilasi Ngajum @MalangTODAY/Dhimas

MALANGTODAY.NET – Belum adanya Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) terbuka di Jawa Timur, membuat Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Jawa Timur meminta agar di Pondok Asimilasi Desa Maguan Kecamatan Ngajum dijadikan lapas terbuka.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Menkumham Jawa Timur, Harun Sulianto menjelaskan akan mengusulkan hal tersebut agar bisa terealisasi. Realisasi itu sebenarnya sudah bisa dipenuhi melihat luas lahan Pondok Asimilasi Ngajum yang berdiri di lahan seluas 20 hektare lebih.

“Salah satu syarat untuk menjadi lembaga pemasyarakatan (lapas) terbuka sebenarnya sudah terpenuhi, karena Pondok Asimilasi ini berdiri dilahan seluas 20 hektare lebih,” ujar Harun, Selasa (25/4).

Ia menambahkan selain luas lahan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk dijadikan sebagai lapas terbuka diantaranya, infrastruktur.

“Beberapa infrastruktur pendukung seperti pasar, kantor pelayanan masyarakat lokasinya tidak jauh dari sini,” tambahnya.

Lebih lanjut, Harun mengharapkan nantinya, dengan dijadikannya Pondok Asimilasi Ngajum sebagai lapas terbuka bisa juga sebagai jujugan para wisatawan untuk sekedar menambah pengetahuan.

“Nantinya diharapkankan dapat singgah ke Pondok Asimilasi yang akan berubah menjadi lapas terbuka,” tutupnya.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here