Pokdarwis Miliki Peran Penting Kembangkan Pariwisata
Telaga Sumber Jenon di Kecamatan Tajinan menjadi salah satu tempat wisata yang patut dikunjungi @Dhimas/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Peran masyarakat dalam pengembangan industri pariwisata di Kabupaten Malang sangat dibutuhkan. Salah satunya adalah masyarakat yang tergabung kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

Diungkapkan Plt Bupati Malang, Muhammad Sanusi, belum lama ini, bahwa untuk menopang perkembangan dan pertumbuhan destinasi pariwisata di Kabupaten Malang, perlu adanya sinergitas dan keterlibatan dari semua kalangan. Termasuk mengupayakan peningkatan peran dan kontribusi Pokdarwis.

“Pokdarwis sebagai bagian penting dalam pengembangan kepariwisataan,” ujar Sanusi.

Pria yang pernah menjabat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang itu menambahkan, segala potensi pariwisata yang ada harus dimanfaatkan secara maksimal. Oleh karena itu, peran serta masyarakat juga dibutuhkan.

“Kekayaan sumber daya alam yang ada, harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, dengan memperhatikan posisi, potensi dan peran masyarakat, sebagai pelaku maupun penerima manfaat pembangunan kepariwisataan,” tuturnya.

Lebih jauh, hingga saat ini tercatat sudah ada 107 Pokdarwis di Kabupaten Malang. Kedepan, peran Pokdarwis dalam perkembangan pariwisata akan lebih di maksimalkan.

“Peran dan kontribusi Pokdarwis perlu terus didukung dan dikembangkan, baik secara kualitas maupun kuantitasnya. Sehingga, Pokdarwis nantinya dapat menjadi komponen penting,” tandas Sanusi. (DHI/sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.