Pilkades Serentak Gelombang Tiga Siap Digelar 30 Juni
Pelaksanaan Pilkades di Desa Bakalan Kecamatan Bululawang beberapa waktu lalu. Tahun ini, pelaksanaan Pilkades serentak akan digelar 30 Juni @Dhimas/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak gelombang tiga di Kabupaten Malang tahun ini akan dilaksanakan pada Minggu (30/6/2019).

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini sedikit lebih cepat. Pasalnya, pada Pilkades gelombang satu dan dua biasanya digelar setiap akhir tahun.

Pada gelombang tiga ini, ada 267 desa yang akan melaksanakan Pilkades. Ada sejumlah pertimbangan mengapa pelaksanaan Pilkades gelombang tiga digelar lebih awal.

“Ada pertimbangan teknis, sudah ada koordinasi dengan teman-teman Kades, termasuk dengan pak Wakil Bupati. Hasil rakor dengan pak Wakil Bupati, Pilkades diselenggarakan 30 Juni, Minggu Legi,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Didik Budi Muljono, Minggu (10/2/2019).

Lebih jauh, Didik menambahkan bahwa dengan digelarnya pesta demokrasi tingkat desa itu pada hari Minggu, diharapkan partisipasi masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya makin meningkat.

“Kenapa sih hari Minggu? Masyarakat kan banyak yang libur, jadi bisa berbondong-bondong menyalurkan hak pilihnya. Kalau hari biasa, kan harus izin dulu yang sudah kerja,” terang Didik.

Lebih jauh, mantan Kepala Inspektorat Kabupaten Malang ini juga menyampaikan, ada sejumlah catatan yang harus menjadi perhatian pada pelaksanaan Pilkades nanti. Baik dalam bentuk protes hingga hal-hal lain yang tidak diharapkan.

“Tahap satu dan dua kemarin mungkin hanya protes-protes kecil saja. Dari pengalaman itu kita jadikan untuk kedepan menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan,” pungkas Didik. (DHI/sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.