Petani Ikan di Waduk Dempok Harap Musim Hujan Segera Tiba
Kondisi Waduk Dempok saat musim kemarau di Desa Gampingan Pagak @Dhimas/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Petani ikan di Waduk Dempok, Desa Gampingan, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang berharap musim penghujan segara tiba. Hal itu karena dalam kondisi musim kemarau seperti saat ini produktivitas ikan jadi menurun drastis.

Dikatakan salah satu petani ikan di Waduk Dempok, Sukarno bahwa dalam kondisi waduk yang mengering, dirinya hanya bisa mendapat ikan yang berukuran kecil. Jika ingin mendapat ikan besar harus dicari sampai ke Waduk Kecopokan yang berjarak 5 kilometer dari Waduk Dempok.

Baca Juga: Pelajari Pengolahan Telo, 40 mahasiswa Universitas Udayana Bali Kunjungi Repoeblik Telo

“Kalau airnya lebih banyak, meskipun kering, saya cukup cari di Dempok saja,” tutur Sukarno, Rabu (19/9).

Menurutnya, ada keuntungan yang didapat saat mencari ikan di musim kering. Cukup dengan menggunakan tangan, sudah bisa menangkap ikan, namun ikan yang didapat berukuran lebih kecil.

Jika musim kemarau tiba, para pencari ikan hanya bisa mendapat hasil tangkapan sampai 5 kilogram. Itupun sudah paling baik, karena biasanya tidak mendapat ikan sama sekali.

Sukarno yang juga memiliki keramba di Waduk Dempok itu menambahkan, jika air dalam kondisi penuh, dirinya bisa mendapat 5 kwintal ikan setiap kali panen.

“Setiap tahun waduk ini memang selalu kekeringan. Biasanya pada bulan Juni sampai September,” terangnya.

Baca Juga: Lagi, Kabupaten Malang Kekurangan Blangko E-KTP

Petani ikan yang memiliki keramba di Waduk Dempok sendiri umumnya lebih memilih untuk memanen ikan lebih dini. Hal itu menjadi pilihan satu-satunya, karena jika musim kemarau tiba, bisa-bisa pemilik keramba mengalami kerugian akibat gagal panen.

“Airnya surut, kalau ikan tidak segera dipanen, ya mati,” tandasnya.


Reporter : Dhimas Fikri
Editor : Kistin Septiyani

Loading...