Penyortiran Surat Suara, KPU Bakal Libatkan Ratusan Petugas
Tumpukan surat suara yang ada di gudang KPU Kabupaten Malang @MalangTODAY/Dhimas Fikri

MALANGTODAY.NET – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang telah menerima sebanyak 2.017.578 surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 mendatang.

Sebelum didistribusikan, seluruh surat suara tersebut akan disortir terlebih dahulu. Rencananya, penyortiran itu akan melibatkan PPK (Panitia Pengawas Kecamatan).

Baca Juga: Hindari Penyelewengan Retribusi Pasar, E-Retribusi Siap Diluncurkan Bulan Depan

Nantinya, PPK pada tiap Kecamatan bertugas mencari tenaga penyortiran yang berjumlah 10 orang. Jika di jumlahkan, berarti ada sebanyak 330 tenaga sortir yang akan dikirim PPK dari 33 Kecamatan yang ada di Kabupaten Malang.

“Progres kedepan tanggal 30 Mei kita sortir dan pelipatan suara surat. Untuk proses kita libatkan PPK sepenuhnya, untuk mencari tenaga sortir. Per kecamatan kita butuhkan 10 orang. Penyortiran mulai jam 8 pagi sampai selesai, nanti kita atur jadwal sortir per kecamatannya,” ujar Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko, Senin (28/5).

Baca Juga: Mau Tukar Uang Baru? Yuk Catat Jadwal Kas Keliling Bank Indonesia di Malang Raya

Bagi tenaga sortir tersebut, KPU juga telah menyiapkan honorarium sebesar Rp 150 per lembar surat suara. Setelah disortir, pendistribusian surat suara akan menunggu intruksi dari KPU Jatim.

Perkirakan selesai sehari, kita maksimalkan, paling tidak ya dua hari. Jadi, aturan menyarankan proses sortir surat suara itu di KPU. Kalau pendistribusian menunggu jadwal dari KPU Jawa Timur, pendistribusian menunggu kalau sudah lengkap. Kalau bilik dan kotak suara sudah ada di PPK masing-masing,” imbuhnya.

Baca Juga: Akankah Saitama Turun Sebelum Asosiasi Pahlawan?

Selain surat suara, KPU Kabupaten Malang juga telah menerima sebanyak 8.356 tinta untuk Pilgub. Jumlah tersebut dua kali lipat dari jumlah TPS yang ada di Kabupaten Malang.

Surat suara Pilgub memang sudah masuk ke KPU, kemudian tinta celup. Tapi sebenarnya tidak hanya dua item ini saja, tapi masih banyak yang lain,” pungkas Santoko.


Reporter   : Dimas Fikri
Editor        : Dian Tri Lestari

Loading...