Suasana Pelatihan Ketrampilan Distabilitas Di Mapolsek Sumberpucung (dhimas)
Suasana Pelatihan Ketrampilan Distabilitas Di Mapolsek Sumberpucung (dhimas)

MALANGTODAY.NET – Penyandang disabilitas asal Kecamatan Sumberpucung merasa sangat terbantu dengan adanya pelatihan bimbingan keterampilan yang digelar di Mapolsek Sumberpucung, Kabupaten Malang, Rabu (11/10).

Wakil Ketua Difabel Ganesha Indonesia (DGI), Eka Wulandari mengatakan jika selama ini beberapa rekan penyandang disabilitas di Kecamatan Sumberpucung sudah ada yang berwiraswasta. Dengan adanya pelatihan bimbingan ketrampilan tersebut semata-mata untuk menambah pengalaman.

“Kalau di Sumberpucung dari 7 Desa itu ada 310 orang penyandang disabilitas. Kalau selama ini teman-teman yang ikut pelatihan saat ini sudah ada yang wiraswasta, jadi pelatihan ini untuk menambah pengalaman,” ujar Wulan kepada MalangTODAY.

Wulan menambahkan jika saat ini tercatat ada kurang lebih 16 ribu penyandang disabilitas dari 33 Kecamatan di Kabupaten Malang. Itupun belum sepenuhnya bisa tercatat.

“Masih ada banyak yang belum diketahui, ada yang mampu rawat, mampu rawat itu hanya tidur saja. Oleh karena itu kemarin sama Dinas Sosial mendapat bantuan 1 juta rupiah per orang, rinciannya 8 orang di Desa Karangkates dan 2 orang di Desa Jatiguwi. Juga ada bantuan dari kepolisian,” imbuhnya.

Wulan berharap pelatihan untuk penyandang disabilitas selalu rutin digelar. Pasalnya, selama ini orang yang mempunyai keterbatasan fisik masih di pandang sebelah mata mengenai kemampuannya.

“Merasa sangat senang, dulu merasa terdiskrimnasi,” pungkasnya.(mas/zuk)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.