Komisi VII DPR: Pengolahan Sampah Sudah Baik Tapi Perlu Peningkatan
Komisi VII DPR RI, Totok Daryanto SE (Berkacamata) memberikan bantuan kepada masyarakat desa Kebonagung. (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – Target pemerintah pusat yang mencanangkan bebas sampah 2020 terus digalakkan penerapannya.

Anggota Komisi VII DPR RI, Totok Daryanto SE mengatakan pengelolaan sampah di Kabupaten Malang sudah sangat baik. Bukan hal yang mustahil untuk mencapai target pemerintah pusat yang mencanangkan bebas sampah pada 2020.

“Di seluruh Kecamatan disini sudah maju, saya yakin Kabupaten Malang ini program untuk bisa bebas sampah 2020 itu bisa terlaksana dengan baik,” ujar Totok dalam acara di Balai Desa Kebonagung, Kamis (11/5).

Lebih lanjut, target bebas sampah 2020 salah satu bentuknya adalah melalui bank sampah, namun di Kabupaten Malang saat ini baru sebagian desa saja yang memiliki bank sampah.

“Sampah ini harus menjadi prioritas, karena akan menjadi masalah lingkungan kalau tidak diatasi, tapi kalau ini di dorong masyarakat bisa mengelola bank sampah akan menjadi manfaat dan punya nilai ekonomi yang tinggi,” ungkapnya.

Totok menambahkan, perlu adanya edukasi kepada warga masyarakat agar lebih sadar lagi akan pentingnya pengelolaan sampah.

“Masyarakat indo pada umumnya perlu dibuat peraturan supaya bisa menaati dan memiliki perilaku yang benar tentang pengolahan sampah. Harus segera diwujudkan, dan saya mendorong di Kabupaten Malang ini seluruh Desa membuat Perdes tentang lingkungan khususnya tentang pengolahan sampah,” jelasnya.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here