Pemkab Malang Target Tambah 3 Desa Tangguh Bencana Tiap Tahun
Desa Sitiarjo di Kecamatan Sumbermanjing Wetan yang menjadi salah satu desa tangguh bencana di Kabupaten Malang (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – Pemerintah Kabupaten Malang memiliki target setiap tahun dapat terbentuk tiga desa tangguh bencana. Target tersebut merupakan bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Desa tangguh bencana, sampai tahun 2021, karena RPJMD sesuai dengan visi dan misi bapak Bupati, kita setiap tahun akan menambah tiga desa,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Bambang Istiawan, Minggu (16/12/2018).

Bambang menambahkan, pihaknya bakal mendorong tiap desa yang ada di Kabupaten Malang untuk membentuk desa tangguh bencana secara mandiri. Artinya, menyesuaikan dengan potensi bencana yang mungkin saja bisa terjadi.

“Sesuai dengan ancaman masing-masing, kalau dekat gunung, mereka tangguh dari letusan gunung dan yang longsor tangguh terhadap longsor pergerakan tanah, daerah banjir juga demikian,” jelas mantan Camat Sumbermanjing Wetan tersebut.

Untuk tahun 2019 mendatang, ada desa yang siap untuk menjadi desa tangguh bencana. Antara lain, Desa Kedungsalam di Kecamatan Donomulyo dan Desa Pondok Agung di Kecamatan Kasembon.

“Pondok Agung itu malah meminta sendiri ke provinsi, forumnya juga sudah siap. Responnya kalau desa yang sudah mengalami itu bagus, tapi kalau yang belum itu seperti lambat,” jelas Bambang.

Menurut data BPBD, saat ini sudah ada 34 desa yang sudah tangguh bencana. Jumlah tersebut masih sedikit bila melihat 390 desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Malang.

“Mereka sudah punya Pokja, mereka memang sudah dibentuk. Tetapi di desa-desa yang lain, terkait dengan informasi kebencanaan walaupun belum dikatakan tangguh tapi mereka sudah dapat informasi-informasi,” pungkas Bambang.


Reporter: Dhimas Fikri
Editor: Swara Mardika

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.