Apel peringatan Hari Ibu dan bela Negara tahun 2018 di Halaman Pendopo Agung Kabupaten Malang (ist)
Apel peringatan Hari Ibu dan bela Negara tahun 2018 di Halaman Pendopo Agung Kabupaten Malang (ist)

MALANGTODAY.NET – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menggelar apel memperingati Hari Ibu dan Hari Bela Negara sekaligus pada Jumat (21/12/2018). Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Malang, M Sanusi bertindak sebagai Inspektur Upacara di Halaman Pendopo Agung Kabupaten Malang.

Peringatan Hari Ibu Tahun 2018, secara nasional mengusung tema “Bersama Meningkatkan Peran Perempuan dan Laki-laki dalam Membangun Ketahanan Keluarga Untuk Kesejahteraan Bangsa”.

Sedangkan untuk tema yang diusung dalam peringatan Hari Bela Negara yang dirangkai dengan Hari Nusantara tahun ini yakni “Perwujudan Kesatuan Nusantara yang Utuh melalui Deklarasi Juanda Menuju Poros Maritim Dunia.”

“Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Perempuan adalah sumber daya insani penting yang menentukan keberhasilan pencapaian tujuan pembangunan nasional, termasuk di dalamnya mewujudkan kesejahteraan bangsa,” ujar Sanusi saat membacakan
sambutan tertulis Presiden RI, Joko Widodo.

Memasuki peringatan Hari Bela Negara yang ke-70, sebagaimana diketahui bahwa penetapannya berawal dari sebuah peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia. Sanusi mengatakan bahwa penetapan peristiwa bersejarah ini sebagai Hari Bela Negara merupakan penegasan bahwa bela negara sejak dulu telah memiliki konteks yang luas.

“Bela negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, namun harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi. Hal ini juga menegaskan bahwa bela negara adalah kerjasama yang melibatkan segenap elemen bangsa,” tuturnya.

Sanusi juga mengatakan bahwa untuk memperkuat komitmen bangsa Indonesia dalam melakukan bela negara, pada bulan September lalu Presiden RI telah menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Bela Negara Tahun 2018-2019.

“Dimaksudkan sekaligus mewujudkan bela negara sebagai Hak Asasi Manusia Bangsa Indonesia sesuai Pasal 68 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia (HAM), yang mengamanatkan agar segenap bangsa Indonesia dengan segala kelebihan dan kekurangannya tetap memberikan sumbangsihnya dalam upaya bela negara,” pungkasnya.


Reporter: Rosita Shahnaz
Editor: Almira Sifak

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.