Petugas damkar mencoba memadamkan api yang membakar kawasan hutan di Gunung Geger, Pagak beberapa waktu lalu (Dhimas)
Petugas damkar mencoba memadamkan api yang membakar kawasan hutan di Gunung Geger, Pagak beberapa waktu lalu (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – Mobil pemadam kebakaran (damkar) menjadi kebutuhan yang cukup mendesak di Kabupaten Malang. Penambahan unit mobil damkar pun mau tidak mau harus dilakukan.

Beruntung, tahun ini hal itu dapat diwujudkan. Pemerintah Kabupaten Malang bakal menambah satu unit mobil damkar lagi.

“Kami ajukan untuk pembelian satu unit mobil. Sekarang masih proses lelang,” kata Kabid Pencegahan Penanggulangan Kebakaran (PPK) Satpol PP Kabupaten Malang, Goly Karyanto, baru-baru ini.

Ditambahkannya, mobil damkar itu nantinya memiliki kapasitas hingga 3.000 liter. Alokasi anggaran untuk pengadaan satu mobil damkar itu mencapai Rp 1,6 miliar.

Jika tidak ada kendala, pada bulan Agustus nanti mobil tersebut sudah bisa dioperasikan. Mobil damkar baru itu akan menambah kekuatan empat unit mobil damkar yang sudah ada.

Seperti diketahui, saat ini Pemerintah Kabupaten Malang hanya memiliki enam unit mobil damkar. Itu pun, dua unit di antaranya sudah tidak dioperasikan karena faktor usia.

Dengan wilayah Kabupaten Malang yang begitu luas, penambahan mobil damkar dirasa memang sangat diperlukan.

“Jika sesuai standar normalnya, respons time kami dari panggilan sampai ke lokasi antara 20 sampai 30 menit. Sementara sekarang kalau harus menjangkau TKP yang jauh seperti Kasembon, Ampelgading, Tirtoyudo, Donomulyo, atau Kalipare paling tidak baru sampai setelah 1,5 jam,” terang Goly. (Dhi/Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.