Pemandian Kalireco di Kecamatan Lawang yang kini menjadi salah satu destinasi andalan di pintu gerbang Kabupaten Malang (Dhimas)
Pemandian Kalireco di Kecamatan Lawang yang kini menjadi salah satu destinasi andalan di pintu gerbang Kabupaten Malang (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – Kabupaten Malang seakan tak pernah kehabisan destinasi wisata. Selalu ada destinasi wisata baru yang bisa dikunjungi wisatawan saat pergi ke daerah di selatan Jawa Timur tersebut.

Selain telah tersohor dengan destinasi wisata pantainya, Kabupaten Malang juga memiliki destinasi wisata andalan lain. Mulai dari air terjun, situs sejarah hingga pemandian yang instagramable ada.

Tampak Atas Pemandian Kalireco (Dhimas)
Tampak Atas Pemandian Kalireco (Dhimas)

Seperti yang ada di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Tepatnya di Kelurahan Kalirejo, terdapat sumber mata air alami yang biasa dikenal warga setempat dengan nama pemandian Kalireco.

Saat MalangTODAY berkunjung ke pemandian Kalireco belum lama ini, ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan. Seperti yang paling vital yaitu akses jalan. Untuk menuju ke pemandian Kalireco, hanya ada akses jalan yang dapat dilalui sepeda motor.

kalireco-lawang
tampak samping (Instagram @aristiawan_putra)

Sementara bagi wisatawan yang datang menggunakan mobil harus rela parkir jauh dan perlu berjalan kaki untuk menuju lokasi pemandian. Bagi yang baru pertama kali ke pemandian Kalireco disarankan agar sering bertanya kepada warga setempat agar tidak tersesat, mengingat petunjuk jalan menuju lokasi pemandian yang minim atau bahkan belum ada.

Tata kelola pemandian Kalireco belum benar-benar tertata dengan baik. Terbukti, wisatawan yang berkunjung tidak ditarik biaya tiket masuk, hanya disediakan kotak amal di area parkir sepeda motor yang dapat diisi uang seikhlasnya.

kalireco malang
tampak dalam (Instagram @adjiendezo)

Sebenarnya pemandian Kalireco ini juga tidak terlalu luas. Selama ini masyarakat setempat hanya memanfaatkan Kalireco untuk mandi dan mencuci. Sementara air dari sumber juga dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Mengenai air di pemandian Kalireco, sangat segar dan jernih.

Lokasi pemandian yang berada di area persawahan dan banyaknya pohon membuat nuansa di Kalireco begitu sejuk. Sangat cocok bagi wisatawan yang ingin melepaskan penat.

swafoto di Kalreco (Instagram @noviandari)

Soal fasilitas, disini hanya ada dua ruang ganti, tanpa ada toilet. Kondisinya pun bisa dibilang ala kadarnya. Selain itu, belum ada penjajah makanan atau warung di dekat pemandian.

Meskipun terdengar baru, menurut penuturan warga sekitar pemandian Kalireco, saat libur akhir pekan atau libur panjang wisatawan yang datang bisa membeludak.

Selain itu, beberapa waktu ini, Plt Bupati Malang, Muhammad Sanusi menyampaikan, pihaknya bakal mengemas Kecamatan Lawang dengan konsep wisata. Sanusi membeberkan, pertimbangan tersebut didasarkan karena Lawang merupakan pintu masuk utama ke Kabupaten Malang.

Pemandangan Kalireco (Instagram @indowolking)

“Untuk wilayah Malang Utara nanti akan kami konsep secara khusus, Lawang sebagai kota wisata dan Singosari sebagai kota niaganya. Jadi begitu masuk Lawang, wisatawan itu langsung tahu, oh ini Kabupaten Malang,” ucap Sanusi. (DHI/AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.