Operasi Zebra Semeru 2017, Polres Malang Tindak 12.445 Pengendara
Operasi Zebra Semeru 2017 yang dilaksanakan Polres Malang (Dhimas)
ads

MALANGTODAY.NET – Selama 14 hari pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2017, Satlantas Polres Malang menindak 12.445 pengendara. Angka tersebut naik sebesar 1.318 persen dibanding tahun 2016 lalu.

Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung mengungkapkan jika penindakan hukum dalam Operasi Zebra Semeru kali ini diutamakan pada pelanggaran-pelanggaran yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

“Artinya banyak pelanggaran yang kita tindak di 2017. Memang Operasi Zebra kan penegakan hukum khususnya kepada pelanggar lalu lintas,” ujar AKBP Yade Setiawan Ujung kepada awak media di Mapolres Malang, Rabu (15/11).

Selama Operasi Zebra Semeru 2017 sendiri tercatat ada 41 kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan empat korban meninggal dunia. Jumlah kecelakaan lalu lintas tersebut naik 46 persen dibanding tahun 2016.

“Disamping itu kita lakukan teguran dan edukasi, supaya seimbang, jadi kita ada laksanakan 31 teguran tanpa ditindak,” imbuhnya.

Baca juga: Zebra Boss The Series Polres Malang Sukses Kocok Perut Warganet

Selain itu, Polres Malang juga memberikan edukasi kepada masyarakat melalui video kocak yang diunggah di media sosial Instagram. Ada 3 video yang dibuat oleh Polres Malang, dan ketiga video tersebut mendapat respon positif dari warganet.

“Itu murni dari anggota Satlantas membuat ide tersebut, lapor ke saya oke, memang kita sesuaikan dengan karakteristik lokal, orang Malangan, bahasa Malangan, lebih lucu sehingga bisa dengan mudah diterima masyarakat disertai hiburan jadi tidak kaku,” jelas Ujung.

Ujung menilai edukasi lewat video lucu hasil kreasi Polres Malang memang lebih efektif. Diharapkan edukasi melalui video seperti itu dapat menekan angka pelanggaran lalu lintas yang selama ini sering terjadi. (Dhi/end)