Mulai November, Dispendukcapil Antar Langsung Dokumen Langsung ke Rumah
Kadispendukcapil Purnadi (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – Kini masyarakat Kabupaten Malang tidak perlu lagi repot-repot mengambil dokumen administrasi ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil). Hal ini lantaran Dispendukcapil mempunyai terobosan baru berupa pelayanan antar administrasi ke rumah warga.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Purnadi mengatakan bahwa terobosan yang dilakukan pihaknya semata-mata agar masyarakat mendapat pelayanan yang maksimal. Nantinya, untuk mengambil dokumen administrasi seperti E-KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran warga tidak perlu lagi datang ke Dispendukcapil, Kecamatan atau Desa dan cukup menunggu dirumah.

“Nantinya masyarakat tidak perlu repot-repot urus administrasinya, ini adalah terobosan kita untuk meningkatkan pelayanan masyarakat,” ujar Purnadi kepada MalangTODAY, Selasa (26/9).

Lebih lanjut, selain hanya tinggal menunggu dirumah, pelayanan antar administrasi ini juga tidak dikenakan biaya atau gratis. Rencananya, program tersebut akan mulai dijalankan mulai November tahun ini.

“Sampai saat ini, program ini sedang dalam tahapan pembahasan tim teknis Dispendukcapil. Selain itu juga menunggu penyelesaian seluruh perekaman untuk E-KTP dan layanan kependudukan lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Dispendukcapil akan menyiapkan petugas khusus sebagai pelayan antar administrasi ke rumah warga. Untuk biaya petugas khusus itu nantinya akan dibebankan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Malang sebesar 300 juta rupiah.

“Terlihatnya besar, tapi dengan layanan di 33 kecamatan dan 378 desa serta kelurahan, anggaran ini saya pikir logis,” ungkapnya.

Dari jumlah anggaran tersebut memang nanti akan diproyeksikan untuk pelayanan antar dokumen administrasi sekitar 200 ribu lembar. Purnadi sendiri cukup optimis jika program tersebut bakal memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen administrasi kependudukan. (Mas/end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.