Ruas jalan Gondanglegi-Sumberpucung ini menjadi salah satu dari empat jalur tengkorak yang harus diwaspadai selama mudik lebaran @Dhimas
Ruas jalan Gondanglegi-Sumberpucung ini menjadi salah satu dari empat jalur tengkorak yang harus diwaspadai selama mudik lebaran @Dhimas

MALANGTODAY.NET – Dinas Perhubungan Kabupaten Malang mulai melakukan pemetaan jalur sebelum musim mudik lebaran tiba. Sedikitnya ada 4 jalur tengkorak yang patut diwaspadai.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Malang, Hafi Lutfi menjelaskan, keempat jalur tengkorak itu masing berada di ruas Lawang-Singosari, Pakisaji-Kepanjen, Gondanglegi-Sumberpucung, serta jalur menuju Jalur Lintas Selatan baik via Donomulyo, Bantur ataupun Sumbermanjing Wetan.

Melihat kondisi itu, Lutfi pun mengimbau agar masyarakat yang melakukan mudik lebaran tetap waspada dan berhati-hati selama di perjalanan.

“Kami petakan ada empat jalur yang menjadi perhatian utama petugas di lapangan,” kata Lutfi, Rabu (22/5/2019).

Eks Kepala BPBD Kabupaten Malang ini juga memperkirakan, dengan beroperasinya tol Pandaan-Malang bakal terjadi pengurangan volume kendaraan selama mudik lebaran di jalur arteri Lawang-Singosari.

“Kami perkirakan volume kendaraan yang melintas di jalan arteri menurun antara 65 persen sampai 70 persen karena adanya tol,” ucapnya.

Lebih lanjut, pihak Dinas Perhubungan bakal terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk keamanan mudik lebaran. Pihak Dinas Perhubungan pun telah menyiapkan opsi lain mengantisipasi terjadinya lonjakan arus mudik.

Salah satunya adalah menyiapkan jalur alternatif. Namun, hingga kini pihak Dinas Perhubungan masih belum memetakan jalur alternatif untuk mudik lebaran tahun ini. (DHI/AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.