Ilustrasi motor damkar (Istimewa)
Ilustrasi motor damkar (Istimewa)

MALANGTODAY.NET Beragam cara coba dilakukan Bidang Pencegahan Penanggulangan Kebakaran (PPK) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Malang untuk menyiasati kekurangan personel dan armada mobil pemadam kebakaran alias damkar.

Kepala Bidang PPK Satpol PP Kabupaten Malang, Goly Karyanto, baru-baru ini menyampaikan jika pihaknya bakal mengajukan pengadaan armada kendaraan damkar. Uniknya, armada bukan berbentuk mobil melainkan sepeda motor modifikasi.

“Untuk satu unit sepeda motor damkar harganya Rp 76 juta,” terang Goly.

Pria berkacamata itu melanjutkan, kapasitas air yang dapat diangkut motor damkar tersebut mencapai 1.000 liter. Motor tersebut, ucap Goly, sangat berguna bila terjadi kebakaran di pemukiman padat penduduk yang sulit diakses mobil damkar.

Rencananya, motor-motor tersebut akan ditempatkan di 33 kecamatan. Jika per unit motor damkar seharga Rp 76 juta, maka anggaran yang dibutuhkan seluruhnya mencapai Rp 2,5 miliar.

Selain itu, pihak Bidang PPK Satpol PP Kabupaten Malang juga akan memberikan pelatihan penanggulangan kebakaran pada personil kecamatan di Kabupaten Malang yang ditunjuk nantinya.

“Nantinya (personil) bisa ditempatkan di masing-masing kecamatan. Sehingga kami akan melatih staf kecamatan,” papar Goly.

Kehadiran motor damkar tersebut juga dinilai cukup membantu, mengingat jumlah personil dan mobil damkar di Kabupaten Malang masih belum cukup ideal. Selain itu, cakupan wilayah Kabupaten Malang begitu luas.

Di sisi lain, sepanjang tahun 2018 lalu, Bidang PPK Satpol PP Kabupaten Malang mencatat, di wilayahnya telah terjadi 86 kasus kebakaran. Sementara, awal tahun ini 4 kasus kebakaran sudah terjadi. (DHI/HAM)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.