Acara enterpreneur show yang digelar di Ponpes Annur 3 'Murah Banyu' Kabupaten Malang@Dhimas Fikri/MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Pada perkembangannya, pesantren dinilai memiliki potensi yang sangat besar sebagai pusat ekonomi digital.

Melihat peluang tersebut, Pondok Pesantren (Ponpes) Annur 3 ‘Murah Banyu’ di Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang mengadakan enterpreneur show dengan tema ‘Pusat Ekonomi Digital Pesantren’.

Salah satu pembicara enterpreneur show yang juga mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof Dr Imam Suprayogo MPd menyampaikan, perkembangan teknologi seperti sekarang mau tidak mau harus diikuti oleh warga pesantren. Termasuk ekonomi digital yang makin hari makin berkembang.

“Pesantren pada zaman apapun itu ya pesantren, tidak cukup hanya memahami agama, tapi pelajari beragama. Sekarang industri ini sangat dahsyat, pesantren harus mengikutinya,” ujar Imam.

Pria kelahiran Trenggalek ini mengibaratkan, pengaruh digitalisasi sekarang membuat dunia terlihat kecil. Artinya, segala sesuatu saat ini sangat erat dengan teknologi digital. Bayangkan, hanya melalui smartphone, orang bisa mengetahui segala perkembangan dunia dengan cepat dan mudah.

“Dunia sekarang itu sangat kecil, hal-hal seperti dakwa itu sangat dibutuhkan, diwarnai dengan hal ini (ekonomi digital), pengembangan ekonomi,” terangnya.

Menurut Imam, santri juga harus mendapatkan ilmu mengenai ekonomi digital. Jadi, pesantren tidak melulu identik dengan ilmu agama.

Selain itu, Imam menyampaikan, warga pesantren ini lebih adaktif dalam kehidupan bermasyarakat. Bekal tersebut, kata Imam, akan menjadi hal yang sangat penting nantinya, termasuk dalam menghadapi perubahan zaman.

“Anak-anak pesantren ini lebih adaktif dengan perubahan-perubahan itu, justru kadang yang pendidikan modern itu yang ada masalah. Jadi jiwa, ruh dan mental pesantren itu tidak boleh hilang. Apapun zamannya, pasti bisa dihadapi,” pungkasnya. (Dhi/end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.