MCW Gelar Aksi 9119, Imbau untuk Tuntaskan Korupsi di Tubuh Pemerintahan
Aksi 9119 MCW di depan Kabupaten Malang @Arbi/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Malang Corruption Watch (MCW) melakukan seruan untuk menuntaskan dan membersikan kasus korupsi yang terjadi di Kabupaten Malang, Rabu (9/1/2019) di depan Kantor Bupati Malang. Aksi ini dimulai sejak pukul 10.00 WIB.

Aksi ini dinamakan aksi 9119 karena bertepatan pada 9 Januari 2019. Para peserta berteriak lantang bahwa bersama rakyat kita harus tuntaskan kasus korupsi.

Baca Juga  MCW Soroti KUA - PPAS Belum Berdasarkan Kebutuhan Masyarakat Kota Malang

Dasar dari aksi ini disebabkan oleh penetapan bupati Malang sebagai tersangka dan 2 pihak swasta oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu belum menyelesaikan masalah. Menurut MCW, masih ada aktor besar lain yang belum tersentuh.

M. Warudin selaku koordonator MCW menilai bahwa dalam persidangan kemarin ada indikasi terkait keberadaan aktor lain dalam korupsi di Kabupaten Malang. Mereka meminta agar kasut ini diusut hingga tuntas karena banyak anggaran yang belum ada bukti pengerjaannya.

“Dan hal ini harus diusut tuntas. Sebab, darimana sumber penyuapan yang dilakukan belum diketahui secara tuntas. Banyak anggaran yang tidak ada bukti dalam pengerjaan,” ungkap Wahrudin.

Warudin melanjutkan bahwa KPK berkomitmen untuk menuntaskan kasus ini. Perlu ada upaya untuk mengajak masyarakat untuk turut ambil bagian dalam mengontrol tindakan korupsi. “Korupsi menyakitkan hati nurani rakyat, para petani, para buruh dan masyarakat kecil,” sambungnya.

Demikian pula dalam bidang-bidang lain seperti pendidikan. Oleh karena itu, MCW mengajak masyarakat bahwa saatnya rakyat bertindak nyata untuk melakukan controling dan monitoring atas tindakan korupsi di kalangan pemerintahan.

Baca Juga  Demi Gaya Hidup, Andik Nekat Kembali Jadi Pelaku Curanmor

Warudin juga menambahkan bahwa tindakan korupsi ini bisa menurunkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. “Saya memang belum mengadakan riset. Tapi fenomena ini bisa menurunkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah,” pungkasnya.

Setelah berorasi dan membaca puisi di depan Kantor Bupati Malang, peserta aksi memasuki halaman pendopo sambil mengilustrasikan pengecekan terhadap dinas-dinas dan kinerja pemerintah.


Reporter: Arbianus Rivaldi
Editor: Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.