Masuki Musim Hujan, BPBD Imbau Warga Waspada Longsor
Tanah longsor akibat hujan deras yang terjadi di Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan beberapa waktu lalu @Dhimas/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang mengimbau masyarakat agar lebih mewaspadai timbulnya potensi bencana alam memasuki musim penghujan ini.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan mengatakan, masyarakat yang berdomisili di wilayah-wilayah dengan kondisi topografi kemiringan tanah diatas 45 derajat harus memiliki kewaspadaan yang tinggi.

Baca Juga  Penyelewengan Dana Desa, Indikasi Kurangnya Pemahaman Pengelolaan

“Memang secara geografis wilayah di Kabupaten Malang adalah daerah yang rawan bencana, termasuk bencana longsor. Meskipun tidak semua wilayah namun perlu diwaspadai, terlebih untuk daerah yang posisinya berada di kemiringan diatas 45 derajat,” ucap Bambang, Kamis (6/12/2018).

Mantan Kasatpol PP Kabupaten Malang itu mengakui jika bencana alam memang tak bisa diprediksi. Namun, untuk langkah antisipasi menghadapi bencana dapat dilakukan.

“Memang bencana longsor tidak bisa diprediksi akan terjadi lagi di titik yang sama, apalagi kondisi geografisnya berupa tanah, ditambah pohonnya yang sudah jarang, itu harus lebih waspada,” terangnya.

Lebih jauh, mengenai langkah antisipasi menghadapi terjadinya bencana alam, pihak BPBD selama ini sudah siap siaga selama 24 jam. Mereka juga intensif berkoordinasi dengan instansi lain terkait penanggulangan bencana.

Baca Juga  Siang Bolong, 4 Rumah di Wagir Diterjang Puting Beliung

“Kalau tim khusus tidak ada, tapi sepanjang tahun, kami mempunyai tim yang siap digerakan, yang ada di setiap kecamatan maupun di Mako. Dibantu juga dengan teman-teman relawan dari Sibat, PMI, Tagana dan beberapa lainnya. Malah kadang mereka yang tau lebih dulu dan sudah melakukan assesment di lokasi bencana. Sekarang kalau hanya dari BPBD, semisal kejadiannya di Kasembon, kalau nunggu berangkat dari BPBD ya perjalanan dua jam untuk kesana,” pungkasnya.


Reporter: Dhimas Fikri
Editor: Raka Iskandar

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.