Petugas dari Bawaslu Kabupaten Malang membersihkan APK Pemilu 2019 @DhimasMalangTODAYnet
Petugas dari Bawaslu Kabupaten Malang membersihkan APK Pemilu 2019 @Dhimas/MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Pemilu 2019 telah memasuki masa tenang. Alat peraga kampanye (APK) yang tersebar di Kabupaten Malang mulai diprotoli oleh Bawaslu.

Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu Kabupaten Malang, George da Silva mengatakan, pembersihan alat peraga ini memang dimulai hari ini. Bawaslu menargetkan pembersihan APK bisa selesai pada Selasa (16/4/2019) atau sehari sebelum coblosan.

Bawaslu sendiri menugaskan para Panwascam untuk membersihkan APK itu, dengan dibantu personel dari Satpol PP. Selain itu, koordinasi dengan masing-masing tim sukses Pemilu juga sudah dilakukan.

“Panwascam bekerja sama dengan petugas Satpol PP di masing-masing kecamatan, agar menurunkan APK agar bersih dari gambar-gambar calon Presiden dan Wakil Presiden, serta calon legislatif,” kata George, Minggu (14/4/2019).

Ditambahkannya, semua tempat akan dibersihkan dari APK, tanpa terkecuali. Panwascam akan menyisir tiap ruas jalan protokol, desa-desa, hingga gang-gang kecil.

“Sejak Minggu pagi, Panwascam sudah bergerak dan menyisir setiap jalan utama, jalan desa dan lorong gang, dibantu pengawas desa,” ungkapnya.

Lebih jauh, menjelang pencoblosan, sekali lagi Bawaslu mengimbau masyarakat agar mewaspadai praktik politik uang. Ada beberapa wilayah yang sudah dipetakan Bawaslu terkait potensi terjadinya politik uang.

“Potensi terjadinya money politics diantaranya di Kecamatan Singosari, Gondanglegi, Pagak, Sumbermanjing Wetan, Gedangan dan Ampelgading,” pungkasnya. (DHI/AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.