Lima Partai Sudah Daftar ke KPU, NasDem Pertama Lolos
Ketua DPD Partai berkarya menyerahkan berkas verifikasi ke KPU Kabupaten Malang (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – Hari ini, selain Partai Nasional Demokrat (NasDem), ada dua partai politik lagi yang mendaftarkan berkas verifikasi peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Dua partai tersebut yaitu Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Berkarya (PB). Sehingga total sampai saat ini ada 5 Parpol yang telah mendaftarkan berkas verifikasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang.

Partai NasDem yang menjadi Parpol pertama lolos karena berkas verifikasi yang diajukan lengkap sesuai basis data di SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik), di susul Partai Golkar dan Partai Berkarya. Sementara berkas verifikasi pendaftaran Partai Perindo dan Partai PDI Perjuangan terpaksa harus di kembalikan karena masih kurang lengkap.

“Partai NasDem setelah kita verifikasi administrasinya sekitar satu jam telah sesuai,” kata Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko kepada MalangTODAY, Jumat (13/10).

Sementara itu, Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten Malang, Arif Wicaksono mengatakan bahwa sebagai partai baru pihaknya tidak mengalami kesulitan yang berarti selama proses pendaftaran peserta Pemilu 2019. Pihaknya hanya bekerja sebaik mungkin melengkapi berkas verifikasi yang diminta KPU sesuai basis data yang ada di SIPOL.

“Langkah pertama kami di samping memenuhi syarat administrasi, juga menyolidkan jajaran anggota partai kami sehingga proses verifikasi data faktual tidak ada kendala. Saat ini kepengurusan masih di 20 Kecamatan, kita tetap terbuka untuk 13 Kecamatan lainnya agar segera bergabung sehingga bisa terakomodir semuanya,” ujar Arif ditemui usai di Kantor KPU Kabupaten Malang.

Selain itu, Ketua DPD Partai Golkar, Siyadi menjelaskan jika pihaknya merasa lega karena berkas verifikasi yang telah di daftarkan ke KPU Kabupaten Malang dapat lolos tanpa ada halangan apapun. Siyadi optimis jika Partai Golkar dapat berjaya pada Pemilu 2019 mendatang.

“Harapannya bisa seperti tahun ini, sekarang 12, harapannya ya 19 kursi. Tapi kompetisi memang ketat, kemenangan Parpol itu salah satu untuk sukses seperti yang kita harapkan memang harus kelembagaan,” ucap Siyadi. (Mas/end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.