Peringatan Hardiknas di Stadion Kanjuruhan Kepanjen (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – Memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei, Kabupaten Malang ingin reformasi pendidikan yang dicanangkan pemerintahan Presiden Joko Widodo dijalankan secara merata dan berkualitas.

Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna dalam menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Muhadjir Effendy mengatakan gagasan Ki Hajar Dewantara menjadi acuan visi Presiden RI dalam hal pendidikan.

“Karena masa depan Indonesia sangat ditentukan oleh generasi peserta didik yang memiliki budi pekerti yang kuat serta menguasai bidang ketrampilan hidup, vokasi dan profesi abad 21,” ujar Rendra dalam upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Selasa (2/5).

Rendra menjelaskan sosok tokoh pendidikan Ki Hajar Dewantara yang mempunyai beberapa pemikiran bahwa dalam hal kepemimpinan.

“Beliau mengajukan konsep ‘laku telu’ atau tiga peran yang dirumuskan dalam frasa jawa ‘ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karso, tut wuri handayani’ yang berarti apabila didepan memberi teladan, apabila ditengah memberi inspirasi dan apabila di belakang memberi dorongan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Rendra berharap pendidikan di Kabupaten Malang bisa terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Saya berharap melalui Dindik ini terus dipacu, pendidikan ini sebagai majunya bangsa ini, khususnya di Kabupaten Malang,” tutupnya.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here