Terpuruk! Kualitas Pendidikan Kabupaten Malang Ada di 3 Terbawah
Wabup Sanusi bersama Menteri Pendidikan beberapa waktu lalu (Dhimas)

MALANGTODAY.NET РKualitas pendidikan di Kabupaten Malang hingga saat ini masih terpuruk, dengan menempati posisi tiga dari bawah se-tingkat Jawa Timur.

Melihat terpuruknya kualitas tersebut, serasa berbanding terbalik dengan gelontoran anggaran sekitar 35,5 persen dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Rp 3,8 triliun.

Wakil Bupati Malang Muhammad Sanusi, mengatakan jika perbaikan kualitas ini menjadi tantangan semua pihak, baik Dinas Pendidikan maupun Pemkab Malang.

“Itu tantangan bagi semuanya di Kabupaten Malang,” ujar Muhammad Sanusi, Jumat (3/11).

Sanusi menambahkan dengan alokasi anggaran yang sudah melebihi aturan minimal 20 persen dari APBD. Seharusnya kualitas pendidikan di Kabupaten Malang tidak menempati peringkat tiga terbawah. Maka dari itu perbaikan mutlak perlu dilakukan.

“Karena seluruh biaya pendidikan dipastikan sudah terpenuhi, baik untuk fasilitas maupun biaya itu sendiri. Dengan demikian, apabila semua biaya dan fasilitas sudah terpenuhi semua, tetapi kenyataanya kualitas tersebut tidak kunjung mengalami peningkatan maka harus dicari akar persoalannya. Terutama untuk mencari solusi terbaik dalam rangka perbaikan kualitas,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Sanusi mengungkapkan jika evaluasi akan dilakukan untuk memperbaiki masalah ini. Selain itu, selama ini anggaran edukasi banyak terserap untuk biaya tenaganya.

“Apa saja persoalannya hingga kualitasnya selalu terpuruk,¬†tahun depan kami juga akan melakukan evaluasi menyeluruh terkait pendidikan di Kabupaten Malang,” pungkasnya. (Mas/Ans)