Konsumsi Susu Masyarakat Indonesia Masih Rendah dari Negara Tetangga
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartato meresmikan salah satu pabrik pengolahan susu di Ngajum @dhimas

MALANGTODAY.NET – Ternyata, hingga saat ini kesadaran masyarakat Indonesia dalam konsumsi susu masih sangat rendah.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartato mengatakan saat ini konsumsi susu pertahun di masyarakat Indonesia masih sangat rendah per kapita nya dibandingkan dengan negara tetangga.

“Tingkat konsumsi susu per kapita sebesar 12 kilogram, jadi masih sangat rendah sehingga pertumbuhannya masih sangat mungkin. Dibandingkan Malaysia saja bisa naik 3 kalinya, atau 36 kilogram per kapita pertahun, dan Thailand dua kalinya, atau 22 kilogram per kapita pertahun,” ujar Airlangga saat menghadiri peresmian salah satu pabrik pengolahan susu di Palaan Ngajum, Kamis (4/5).

Dengan melihat masih rendahnya konsumsi susu masyarakat Indonesia per kapita pertahunnya, Airlangga mengatakan ini menjadi peluang bagi perusahaan pengolah susu di Indonesia untuk terus berkembang, agar konsumsi susu masyarakat Indonesia juga dapat meningkat.

Lebih lanjut, Airlangga menjelaskan industri pengolahan susu merupakan bagian dari sektor makanan dan minuman yang strategis.

“Pertumbuhannya positif, tahun lalu sebesar 8,46 persen. Dan tahun ini kuartal pertama tumbuh diatas 7 persen, dan ini kontribusi terhadap PBB industrinya 37 persen,” imbuhnya.

Ia menambahkan dalam perdagangan internasional, wilayah ekspor makanan dan minuman termasuk minyak sawit merupakan sektor yang menjanjikan dan berpontensi menghasilkan pendapatan yang besar.(mas/zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here