KKN 117 UMM Kenalkan Pelaku Usaha Desa Ternyang Pada Bisnis Online
Ketua Komunitas BukaLapak Malang memberikan materi mengenai Seminar Pengembangan Bisnis Online @KKN 117 UMM for MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Perkembangan teknologi yang makin mutakhir secara tidak langsung turut menuntun sektor-sektor kehidupan lainnya merambah di bidang online. Tak terkecuali dalam dunia bisnis. Bisnis online saat ini tengah digeluti banyak orang karena dapat membantu memperluas pangsa penjualan produk usaha.

Hal tersebut yang dijadikan acuan oleh Divisi Ekonomi dan Kewirausahaan Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 117 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Ditempatkan di Desa Tenyang, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, tim ini menginisiasi program kerja bertajuk ‘Seminar Pengembangan Bisnis Online’ yang bertempat di Balai Desa Ternyang, Sabtu (21/7) lalu. Tak tanggung-tanggung, mereka menghadirkan langsung Komunitas BukaLapak Malang sebagai pemateri.

Baca Juga: KKN 67 UMM Gelar Donor Darah di Alun-alun Kota Probolinggo

Adam selaku Ketua Pelaksana Kegiatan ini menuturkan bahwa sasaran utama dari seminar ini untuk memperkenalkan kalangan wirausahawan Desa Ternyang pada bisnis online. Tujuannya agar para pelaku usaha ini dapat memperluas jaringan penjualan produk mereka hingga luar pulau.

Seminar ini dihadiri oleh para pelaku usaha yang memiliki potensi untuk melakukan praktik pemasaran secara online, seperti pemilik usaha warung kayu, pemilik usaha mebel ukiran, hingga pengrajin bambu. Tak hanya itu, turut hadir pula wirausahawan di bidang kuliner seperti keripik talas, keripik pisang, kerupuk tapioka, dan rengginang. Sejauh ini, para pelaku usaha ini terbatas ruang geraknya pada lingkup warga setempat saja. Mereka yang hadir pada seminar ini tampak antusias dan antusias untuk menerapkan praktik pemasaran online.

Antusiasme Pelaku Usaha Desa Ternyang Terhadap Bisnis Online
Antusiasme Pelaku Usaha Desa Ternyang Terhadap Bisnis Online
Pemberian cinderamata oleh Bapak Tri Lambang selaku Penanggung Jawab Kepala Desa kepada pemateri @KKN 117 UMM for MalangTODAY

Seminar ini diisi oleh Ayung selaku pemateri dari komunitas BukaLapak Malang. Ia menyampaikan kiat-kiat meraup keuntungan ganda lewat bisnis online. Beberapa di antaranya adalah dengan membuat website dan blog sebagai sarana pemasaran secara online.

Di penghujung acara, peserta dipersilahkan untuk berdiskusi dengan pembicara terkait materi yang disampaikan. Beberapa dari hadirin yang datang menanyakan seputar cara membuat website, berapa keuntungan yang diperoleh, hingga bagaimana proses transaksi jual beli secara online.

Baca Juga: Peduli Lansia, KKN 55 UMM Gagas Pengobatan Gratis dan Home Visite

Selepas acara salah satu audience memberikan tanggapannya mengenai seminar ini. Menurutnya, program yang ditawarkan oleh BukaLapak sangat membantu potensi-potensi usaha di Desa Ternyang.

“Harapan kami dari desa terpencil ini adalah kita memang banyak potensi di sini dari ibu-ibu yang memproduksi dari keripik pisang, pohong dan ubi. Dan kita kebanyakan dengan harga murah. Maunya ingin ikut program BukaLapak dan produk nya dapat terkenal di mana-mana, harga juga naik, dan juga menambah pendapatan warga Ternyang,” ujarnya.


Penulis : Raka Iskandar
Editor : Raka Iskandar