Vihara Sanggar Suci di Lawang, Kabupaten Malang sediakan makanan berbuka untuk warga muslim @Liputan6
Vihara Sanggar Suci di Lawang, Kabupaten Malang sediakan makanan berbuka untuk warga muslim @Liputan6

MALANGTODAY.NET – Sungguh indah jalinan kerukunan antar umat beragama di Lawang, Kabupaten Malang. Pasalnya, komunitas Budha Paguyuban Metta dari Vihara Sanggar Suci di Lawang, Kabupaten Malang menyediakan makanan berbuka untuk warga muslim.

Di vihara ini, pengurus tidak hanya menyediakan makanan dan minuman ringan tapi juga makanan berat. Diketahui, mereka menyajikan soto, teh, es campur, dan makanan ringan.

Penasihat komunitas Budha Paguyuban Metta, Winantea Listiahadi mengungkapkan mereka menyediakan makanan ini selama bulan Ramadan.  Hal inipun bukan kegiatan baru. Mereka telah melakukan hal ini sejak tahun 1998 silam.

“Distribusi makanan buka puasa selama 30 hari Ramadan telah menjadi tradisi sejak dimulai pada tahun 1998,” ujar Winantea dilansir dari Jakarta Post (11/5/2019).

Winantea menceritakan awal kegiatan ini dilakukan adalah untuk membantu warga lokal yang sedang dilanda krisis ekonomi tahun 1998. Awalnya, hanya ada sekitar 70 orang yang datang. Namun, jumlah ini terus bertambah mencapai 100 orang setiap hari.

“Kami telah mempertahankan tradisi itu sampai sekarang. Awalnya, sekitar 60-80 orang akan datang setiap hari selama bulan Ramadan, tetapi angkanya kemudian meningkat menjadi 100 sehari,” ungkapnya.

Kemudian, mereka juga menjamin kehalalan makan yang tersaji. Mereka melibatkan para tetangga muslim maupun pihak ketiga untuk menyiapkan makanan-makanan tersebut.

“Kami memastikan semua makanan dan peralatan memasak halal dengan melibatkan tetangga Muslim kami ketika menyiapkan makanan atau memesannya dari pihak ketiga. Pada hari terakhir Ramadhan, kami biasanya menyediakan nasi kuning dan memberi selamat kepada umat Islam yang merayakan Idul Fitri,” pungkasnya. (AL)

 

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.