Asrenum Panglima Tni Laksamana Muda Siwi Sukma Adji Menjajal Spr 4 (dhimas)
Asrenum Panglima Tni Laksamana Muda Siwi Sukma Adji Menjajal Spr 4 (dhimas)

MALANGTODAY.NET – PT Pindad (Persero) merilis senapan penembak runduk (Sniper) buatan putra-putri terbaik bangsa. Sniper tersebut dinamakan SPR 4.

SPR 4 diklaim memiliki daya tembak sejauh 1,5 kilometer dan berkaliber 0,388 inchi atau 8,6 milimeter. SPR 4 dirilis bersamaan dengan acara Peletakan Batu Pertama Perluasan Pabrik Munisi di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Senin (9/10).

Hadirnya varian terbaru sniper ini melengkapi jajaran senapan penembak runduk yang telah dikembangkan PT Pindad yaitu SPR 3 (kaliber 7,62 milimeter) dan SPR 2 (kaliber 12,7 milimeter). SPR 4 juga memiliki beberapa keunggulan dibanding generasi sebelumnya itu.

“Di bidang persenjataan, putra-putri terbaik PT Pindad telah berhasil melahirkan Senapan Penembak Runduk (Sniper) berkaliber 0,388 inchi (8,6 milimeter). Senapan ini lahir untuk memenuhi kebutuhan operasional prajurit TNI yang memerlukan senapan dengan daya tembak sejauh 1.5 kilometer,” ucap Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose kepada media.

BACA JUGA: Tingkatkan Kapasitas Produksi, PT Pindad Bangun Pabrik Baru

Selain merilis SPR 4, PT Pindad juga menampilkan sejumlah Alutsista (Alat Utama Sistem Senjata) seperti Medium Tank, Panser Badak, Anoa Amphibious, dan Pindad Excava 200.

“PT Pindad akan senantiasa meningkatkan kualitas dan mengembangkan berbagai inovasi produk untuk mendukung pemenuhan Alutsista dan sebagai upaya mewujudkan kemandirian industri pertahanan dalam negeri,” imbuh Abraham.

Sementara itu, Asisten Perencanaan (Asrena) Kasad, Mayjen TNI Dominicus Agus Riyanto mengatakan bahwa pihaknya sangat bangga dengan kehadiran SPR 4 tersebut. Hadirnya SPR 4, diharapkan dapat semakin memperkokoh sistem persenjataan TNI kedepan.

“Pindad telah membaca apa yang kami perlukan untuk kedepannya, kami AD (Angkatan Darat) pernah memyampaikan bahwa Pindad itu kokinya, kami yang menikmati makanannya, hal itu sudah berjalan selama ini, saran kami sudah di tindaklanjuti oleh Pindad. Kami berharap ini akan memperkuat AD, khusunya TNI pada umumnya,” ucap Mayjen TNI Dominicus Agus Riyanto.

Berikut ini spesifikasi lengkap SPR 4 kaliber 0,388 inchi (8,6 milimeter);

– Berat dengan magasin terisi yaitu 11,5 kg ± 0,2 kg,

– Panjang senjata 1.298 ± 3 mm,

– Kapasitas magasin 5 butir munisi,

– Mode penembakan aman dan tunggal,

– Alat bidik optical sight,

– Sistem kerja bolt action dengan system penguncian putar.

(mas/zuk)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.