Pertemuan tiga kepala daera Malang Raya dalam sebuah kegiatan yang berlangsung di Universitas Brawijaya (Humas Pemkab Malang)

MALANGTODAY.NET – Kesekian kalinya tiga kepala daerah Malang Raya berjumpa kembali. Kali ini Walikota Malang, Sutiaji; Walikota Batu, Dewanti Rumpoko; dan Plt Bupati Malang, Muhammad Sanusi dipertemukan di Universitas Brawijaya, Jumat (18/1/2019).

Dalam pertemuan tersebut, Plt Bupati Malang, Muhammad Sanusi memamerkan progres pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari yang kini masuk prioritas pembangunan Kabupaten Malang.

“Insyaallah dalam dua minggu lagi, pemerintah pusat melahirkan PP (Peraturan Pemerintah) terkait pembangunan KEK Singosari berbasis pariwisata berpusat di Kecamatan Singosari serta didukung Kecamatan Lawang. Sudah digelar rapat koordinasi percepatan pembangunan KEK ini dengan dihadiri para stakeholder dan siap turut mendukung,” kata Sanusi.

Sanusi menyampaikan, pembangunan KEK Singosari tersebut ditargetkan selesai dalam dua tahun mendatang. Diyakini Sanusi, KEK Singosari dapat meningkatkan perekonomian di Kabupaten Malang dan Malang Raya.

“Semua stakeholder siap mendukung program nasional ini, baik sektor penunjang pariwisata, industri pengolahan, cluster komoditas, UMKM, potensi elektronifikasi, ekonomi syariah, dan start up,” jelasnya.

Sanusi sedikit memberikan bocoran nantinya konsep destinasi wisata di KEK Singosari mencakup distrik dengan ikon wisata jaman dulu, MICE (meeting, incentive, convention and exhibition) bisnis showbis, distrik digital ekonomi, inkubator education center.

Kemudian, KEK Singosari memiliki luas 120,3 hektar dengan nilai investasi mencapai Rp 8,29 triliun. KEK Singosari diproyeksikan dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 11.526 orang.

Tidak hanya KEK Singosari, Sanusi menuturkan bila Pemerintah Kabupaten Malang tidak diam dan terus bergerak untuk melakukan pembangunan segala bidang. Hal itu tentu tetap fokus pada pengentasan kemiskinan, optimalisasi parwisata, dan pelestarian lingkungan hidup. (DHI/AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.