Kirab budaya menjadi salah satu event yang masuk dalam MBF setiap tahunnya @DhimasMalangTODAYnet
Kirab budaya menjadi salah satu event yang masuk dalam MBF setiap tahunnya @Dhimas/MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memberikan dukungan penuh agar Malang Beach Festival (MBF) yang digagas Pemerintah Kabupaten Malang dapat masuk 100 Calendar of Event Kemenpar.

Tahun ini, hanya tujuh gelaran di Jawa Timur yang masuk 100 Calendar of Event Kemenpar. Diantaranya Gandrung Sewu, Yadnya Kasada Bromo, Bayuwangi Ethno Carnival, Majapahit Travel Fair, Malang Flower Carnaval, Tour de Ijen, dan Jember Fashion Carnaval.

Menteri Pariwisata, Arif Yahya menuturkan, untuk bisa masuk 100 Calendar of Event Kemenpar, ada sejumlah unsur yang harus dipenuhi dalam MBF.

“Harapannya, MBF bisa masuk 100 kalender event nasional. Maka juga harus punya koreografer, desain baju, dan aransemen musiknya harus tingkat nasional,” kata Arif Yahya, pada launching MBF 3 di Jakarta, baru-baru ini.

Lebih jauh, mantan Direktur Utama PT Telkom Indonesia ini menambahkan, Kabupaten Malang memiliki potensi pariwisata yang besar. Tidak menutup kemungkinan, Kabupaten Malang bisa bersanding dengan Bali atau Lombok.

“Jika berkenan, Kabupaten Malang bisa dibantu oleh rekan-rekan Kemenpar untuk memenuhi tersebut karena sudah punya pengalaman untuk mewujudkannya,” terang pria berkacamata itu.

Di sisi lain, Plt Bupati Malang, Muhammad Sanusi menyampaikan, keseriusan pihaknya dalam mengembangkan sektor pariwisata telah ditunjukkan dengan pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari dan Badan Otorita Pariwisata Bromo Tengger Semeru (BOP-BTS), yang kini tinggal menunggu berkekuatan hukum tetap.

“Persiapan Pemkab Malang khususnya untuk KEK dan BOP-BTS sudah lama sehingga tinggal action di tahun ini,” ucap Sanusi. (DHI/AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.