Kejar Target PAD, Dishub Optimalkan Layanan Uji KIR
Kepala Dishub Kabupaten Malang, Hafi Lutfi. Tahun ini pihak Dishub akan optimalkan uji KIR untuk memenuhi target PAD @Dhimas/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Pengujian kendaraan bermotor atau uji KIR menjadi salah satu sektor yang coba dioptimalkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Malang untuk menyumbang pendapatan asli daerah alias PAD pada tahun 2019.

Kepala Dishub Kabupaten Malang, Hafi Lutfi mengatakan, tahun lalu pihaknya menargetkan PAD dari retribusi KIR pada kisaran Rp 2,8 miliar. Namun ternyata, apa yang dicapai Dishub melebihi jumlah tersebut.

Baca Juga  Tingkat Konsumsi Ikan Masyarakat Kabupaten Malang Baru 25 Kg Per Kapita Per Tahun

“Kalau total PAD tahun 2018 yang disumbangkan Dishub sebesar Rp 5,6 miliar dari target Rp 5,7 miliar, pencapaiannya 98 persen. Itu rinciannya, KIR terealisasi Rp 2,8 miliar lebih dan parkir realisasinya Rp 2,3 miliar lebih,” kata Lutfi, Selasa (12/2/2019).

Kejar Target PAD, Dishub Optimalkan Layanan Uji KIR
Ilustrasi Uji KIR @Dhimas/MalangTODAY.net

Dibandingkan tahun lalu, target PAD untuk Dishub tahun ini kembali ada peningkatan. Jika tahun lalu targetnya Rp 5,7 miliar, maka tahun ini naik menjadi Rp 6,3 miliar.

“Uji KIR yang paling berpotensi menyumbang PAD terbesar,” sambung mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang ini.

Lebih jauh, Lutfi mengungkapkan, perihal PAD yang belum tercapai maksimal tahun lalu lebih dikarenakan dari sektor KIR. Banyak dari masyarakat yang terlambat uji KIR dan terkena denda, namun denda itu tidak sepenuhnya dibayarkan.

Baca Juga  Perlintasan Tak Berpalang, Minibus Disambar Kereta Api di Sumberpucung

“Yang tidak tercapai di dendanya. Kalau ditarget kan denda meningkat, bisa saja kesadaran masyarakat juga tinggi. Denda ini ada di uji KIR. Kalau diluar itu, denda tidak ada,” pungkasnya.

Selain retribusi uji KIR, Dishub juga berharap penuh dari sektor parkir agar dapat menyumbang PAD yang signifikan tahun ini. Terlebih lagi, untuk menekan kebocoran retribusi parkir, Dishub telah menerapkan program baru yang disebut Parsel atau parkir setor langsung. (DHI/sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.