Kegiatan rapat koordinasi dan evaluasi komisi pengawasan pupuk dan pestisida 2018 di Pendopo Agung Kabupaten Malang Dhimas
Kegiatan rapat koordinasi dan evaluasi komisi pengawasan pupuk dan pestisida 2018 di Pendopo Agung Kabupaten Malang Dhimas

MALANGTODAY.NET – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang mengklaim dengan adanya kartu tani akan membuat pendistribusian pupuk bersubsidi lebih tepat sasaran. Hal itu diungkapkan Plt Bupati Malang, Muhammad Sanusi, Selasa (27/11/2018).

Selain itu, pemberian kartu tani pada petani juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk pemantauan pendistribusian pupuk bersubsidi. Hal itu agar pendistribusian tidak salah sasaran.

BACA JUGA: Diperiksa Penyidik KPK Lagi, Ini Kata Kepala BPKAD Kabupaten Malang

“Adanya kartu tani ini diharapkan dapat mempermudah para petani untuk menebus pupuk bersubsidi,” kata Sanusi di Pendopo Agung Kabupaten Malang.

Saat ini, pihak Pemkab Malang melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Malang berupaya melakukan sosialisasi kepada para petani agar dapat memanfaatkan kartu tani itu dengan baik.

“Kartu tani ini selain berfungsi sebagai pendataan penerimaan jatah pupuk bersubsidi, juga bisa digunakan untuk transaksi atau kartu debit dan kartu tabungan,” terangnya.

BACA JUGA: Diterjang Angin Kencang, 9 Rumah dan Satu Kandang di Kalipare Rusak

Kartu tani tersebut nantinya bakal diterbitkan oleh Bank Negara Indonesia (BNI). Dengan hadirnya kartu tani nanti, produksi hasil panen diharapkan mampu ditingkatkan.

“Kartu ini memiliki manfaat ganda, untuk memilikinya petani akan di data sesuai nama dan alamat,” pungkas Sanusi.


Penulis: Ilham Musyafa
Editor: Ilham Musyafa

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.