Batik yang dibuat di Kampung Batik Karangploso (ist)
Batik yang dibuat di Kampung Batik Karangploso (ist)

MALANGTODAY.NET Perlahan tapi pasti adanya Kampung Batik di Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang sudah terasa dampaknya bagi masyarakat. Kampung Batik itu dilaunching beberapa waktu lalu.

Camat Karangploso, Dyah Ekawati Nicotiana mengatakan, adanya Kampung Batik tersebut sedikitnya dapat membawa perubahan di masyarakat, terutama ibu rumah tangga. Mereka bakal dibekali ilmu membatik.

Baca Juga  Sedih, Balita Asal Karangploso Ini Derita Ileus Obstruktif Parsial

“Kampung Batik dibuat untuk mengentas kemiskinan, terutama masyarakat yang jauh dari jangkauan perkotaan,” ucap mantan Camat Gedangan ini, Sabtu (5/1/2019).

Menurut Dyah, Kampung Batik tersebut sekaligus membuka lapangan pekerjaan baru. Diperlukan kerja keras, untuk mengembangkan Kampung Batik itu kedepannya.

“Pembuatan batik tidak hanya dilakukan di Kampung Batik, tetapi masyarakat bisa membawa pulang canting dan lainnya. Sedangkan untuk finishing baru dilakukan di Kampung Batik,” terangnya.

Baca Juga  Nggak Cuma Mahal, Ini Alasan Emak Marah Jika Tupperware Hilang

Yang menjadi andalan Kampung Batik Karangploso adalah batik Calosa. Batik ini memiliki motif bunga dengan kombinasi kupu-kupu.

“Harapan kami, tidak hanya dikenal di Malang Raya saja, tetapi juga nasional. Bahkan kalau bisa sampai mendunia,” tandas Dyah.


Penulis: Dhimas Fikri
Editor: Ilham Musyafa

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.