BPBD Kabupaten Malang Perpanjang Status Siaga Bencana
Suasana hujan deras disertai angin di Gondangleg @dhimas

MALANGTODAY.NET – Untuk menyiapkan desa tangguh bencana di 50 desa Kabupaten Malang, bakal membutuhkan alokasi dana 5 miliar rupiah per tahun.

Pembuatan program kesiapan antisipasi penanganan bencana di beberapa desa tersebut dirasa cukup penting, mengingat Kabupaten Malang sering dilanda bencana alam.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kab Malang, Joni Samsul Hadi mengatakan jika alokasi dana tersebut bisa terealisasi maka akan sangat membantu dalam mencegah jatuhnya banyak korban ketika terjadi bencana.

“Diharapkan pengalokasian dana 5 miliar bisa terealisasi, agar bisa meminimalisir munculnya korban saat terjadi bencana alam di Kabupaten Malang,” ujar Joni, Jumat (24/03).

Joni menambahkan selama ini ada tiga tahapan penanganan bencana alam di Kabupaten Malang, tahapan tersebut meliputi penyiapan penanganan bencana atau pra bencana, saat terjadinya bencana, dan penanganan pasca bencana.

“Selama ini berdasar pengalaman, maka penanganan saat bencana dan pasca bencana menjadi perhatian utama, padahal tahapan penyiapan desa tangguh bencana atau tahapan pra bencana juga patut menjadi perhatian penting,” tambah Joni.

Dengan alokasi dana sebesar 5 miliar rupiah bisa membentuk desa tangguh bencana sebanyak 50 desa per tahun, maka pekerjaan membentuk desa tangguh bencana di Kabupaten Malang bisa selesai dalam waktu 5 tahun mendatang.(mas/zuk)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.