Tangkapan layar Twitter @infoBMKG terkait gempa yang mengguncang wilayah Kabupaten Malang dan sekitarnya (ist)
Tangkapan layar Twitter @infoBMKG terkait gempa yang mengguncang wilayah Kabupaten Malang dan sekitarnya (ist)

MALANGTODAY.NET – Gempa bumi dengan magnitudo 5,0 skala richter (SR) mengguncang wilayah Kabupaten Malang dan sekitarnya pada Kamis (14/2/2019) pukul 02.58 WIB.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tidak berpotensi tsunami. Pusat gempa berada di 9.34 Lintang Selatan, 112.53 Bujur Timur, atau sekitar 123 kilometer arah Barat Daya Kabupaten Malang.

Gempa yang terjadi pada kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut ini tergolong lemah. Goncangan yang dirasakan berada pada kategori I-III.

Sebagaimana diketahui, dalam kebencanaan gempa bumi juga dikenal satuan getaran yang terasa akibat gempa yaitu skala Modified Mercalli Intensity (MMI). Skala MMI kemudian dipecah menjadi 12 kategori yang masing-masing memiliki arti tersendiri.

Untuk kategori I, umumnya getaran tidak dirasakan. Kemudian pada kategori II, getaran dirasakan oleh beberapa orang. Selain itu, benda-benda ringan yang digantung seperti lampu nampak bergoyang.

Kategori terakhir dalam skala MMI yang terjadi kali ini yaitu kategori III. Dalam kategori ini, getaran bisa dirasakan di dalam rumah atau gedung. Getarannya terasa seperti ketika ada truk melintas.

Meski dinyatakan lemah, tetapi gempa tersebut terasa hingga Kabupaten Blitar. Beberapa daerah yang merasakan getaran gumpa ini yaitu Kecamatan Donomulyo dan Bantur, Kabupaten Malang. Kemudian di Selopuro dan Wlingi, Blitar.

“Saya di Gondanglegi terasa banget, sekitar 6 detik kalau gak salah,” kata salah satu warga Kecamatan Gondanglegi, Ihsan.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan dampak kerusakan akibat gempa. Begitu juga laporan korban jiwa, masih nihil. (DHI/AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.