Tes urin yang menyasar para sopir dan kru angkutan umum di Terminal Karangkates Sumberpucung (Dhimas)
Tes urin yang menyasar para sopir dan kru angkutan umum di Terminal Karangkates Sumberpucung (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – Sebanyak 39 orang sopir dan kru angkutan umum menjalani tes urin menjelang libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Mereka di tes urin agar diketahui bebas dari narkoba atau tidak.

Langkah-langkah preventif itu dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN), Polres Malang dan Dinas Perhubungan Kabupaten Malang untuk menghindarkan dari penumpang angkutan umum dari tindak kejahatan dan kecelakaan karena pengaruh obat-obatan terlarang.

Dari hasil tes 39 orang sopir dan kru angkutan umum tersebut, semuanya dinyatakan negatif. Tes urin itu dilakukan di kawasan Terminal Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.

“Sebagai upaya antisipasi kami menjelang libur panjang ini, kami harus memastikan bahwa para sopir kendaraan umum, termasuk bus bebas dari narkoba,” ujar Kepala BNN Kabupaten Malang, Letkol Laut (PM) Agus Musrichin, Rabu (19/12/2018).

Selain itu, petugas dari BNN dan Polres Malang juga melakukan sosialisasi kepada para penumpang angkutan umum. Mereka diimbau agar menjauhi narkoba dan selalu waspada saat menumpang angkutan umum.

“Kami memberikan sosialisasi mengenai bahaya narkoba,” terang Agus.

Tidak hanya melakukan tes urin, petugas dari Satlantas Polres Malang yang turut hadir pada kegiatan itu juga merazia sejumlah kendaraan. Beberapa pengemudi yang tidak melengkapi surat-surat kendaraan terpaksa ditilang.


Reporter: Dhimas Fikri
Editor: Almira Sifak

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.