Lokasi tanah longsor yang melanda jalur wisata menuju air terjun coban Pelangi, tepatnya di desa Gubuklakah kec Poncokusumo kab Malang (Istimewa)
Lokasi tanah longsor yang melanda jalur wisata menuju air terjun coban Pelangi, tepatnya di desa Gubuklakah kec Poncokusumo kab Malang (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Intensitas hujan tinggi yang melanda wilayah Kabupaten Malang, mengakibatkan longsor di jalur wisata menuju air terjun Coban Pelangi, tepatnya di desa Gubuklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Senin (25/3/2019).

Longsor sepanjang lebih kurang 15 meter tersebut mengakibatkan jalur terhambat. Menurut laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, longsor terjadi sekitar pukul 16:00 Wib.

“Akibat hujan yang terus menerus mengguyur dan tanah pada tebing tak mampu menahan air hujan, apalagi di area tersebut juga tak ada saluran air, sehingga tanah di tebing ambrol,” jelas Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Kabupaten Malang, Abdul Rochim saat dikonfirmasi belum lama ini.

Petugas BPBD Kabupaten Malang dan PMI Lanupaten Malang langsung datang ke lokasi dan memasang garis polisi sebagai peringatan bagi para pengguna jalan.

“Longsor ini tak memakan bahu jalan dan masyarakat yang melintas mengunakan kendaraan harus berhati-hati. Ruas jalan yang dapat digunakan hanya sekitar 2 meter dan kondisi tanah masih labil,” jelas Rochim lebih lanjut.

Selain itu menurutnya, tim dari BPBD juga melakukan koordinasi dengan Dinas PU Binamarga, terkait kondisi longsor tersebut.

Tindakan evakuasi pun segera dilakukan mengingat jalan yang tergerus longsor merupakan akses warga untuk menuju ke kota.

Menurut pantauan MalangTODAY.net, Selasa (26/3/2019) arus lalu lintas masih terbilang lancar, meskipun diberlakukan buka tutup jalan. Tim BPBD Kabupaten Malang pun mengingatkan agar selalu waspada ketika melintas di daerah yang rawan longsor, sebab cuaca saat ini tak menentu. (Faj/Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.