Longsor Yang Terjadi Di Kecamatan Sumawe Beberapa Waktu Lalu (dhimas)
Longsor Yang Terjadi Di Kecamatan Sumawe Beberapa Waktu Lalu (dhimas)

MALANGTODAY.NET – Beberapa waktu terakhir intensitas hujan di wilayah Malang makin meningkat. Hal itu juga membuat potensi terjadinya bencana semakin besar.

Melihat kondisi itu, Wakil Bupati Malang, Muhammad Sanusi memberikan intruksi pada personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang agar siaga 24 jam penuh. Menurut Sanusi, selama ini Kabupaten Malang memang termasuk salah satu wilayah rawan bencana di Jawa Timur.

“Dalam dua pekan terakhir ini, wilayah Kabupaten Malang intensitas hujannya cukup tinggi, sehingga diperlukan kewaspadaan,” ucap Sanusi, Kamis (23/11).

Seperti diketahui, memasuki musim penghujan seperti saat ini, wilayah Kabupaten Malang rawan terjadi bencana meteorologi, seperti banjir dan tanah longsor. Sanusi juga mengimbau pada warga yang bermukim di daerah lereng perbukitan dan aliran sungai agar selalu waspada.

“Sebab aliran sungai ketika hujan deras dikhawatirkan airnya meluap, yang dapat menyebabkan banjir. Begitu juga dengan rumah warga yang bermukim di sekitar lereng perbukitan waspada terjadinya tanah longsor,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan mengungkapkan jika pihaknya dalam beberapa minggu terakhir telah menjalankan intruksi yang diberikan Wakil Bupati.

“Petugas BPBD dan relawan sudah kita persiapkan, serta sudah kita sebar di wilayah Kecamatan yang rawan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor. Dan BPBD sendiri juga sudah mempersiapkan peralatan, mulai perahu, alat berat dan beberapa peralatan penanganan bencana lainnya,” kata Bambang.

Mantan Kepala Satpol PP Kabupaten Malang itu menambahkan ada beberapa wilayah rawan terjadinya banjir dan tanah longsor, diantaranya Kecamatan Pujon, Ngantang, Kasembon, Sumbermanjing Wetan, Gedangan, Tirtoyudo, Donomulyo dan Ampelgading.

“Maka masyarakat untuk lebih waspada jika wilayahnya diguyur hujan lebat,” pungkasnya.(mas/zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda