Lanskap pegunungan di pintu keluar tol Mapan di Singosari Kabupaten Malang @sindonews
Lanskap pegunungan di pintu keluar tol Mapan di Singosari Kabupaten Malang @sindonews

MALANGTODAY.NET – Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan ruas jalan tol seksi I-III yang dikenal dengan Tol Malang-Pandaan (Tol Mapan), pada Senin (13/5/2019). Banyak masyarakat yang sudah menjajal jalan tol tersebut, baik itu dari arah Malang maupun dari arah Surabaya.

ZensTODAY sudah mencoba? Sebelum mencoba, perlu diketahui dulu keuntungan dari tol baru tersebut. Yuk simak!

Gratis sampai lebaran

Usai diresmikan, pada Selasa (14/5/2019) Tol Mapan sudah bisa dilalui oleh kendaraan umum yang bepergian Surabaya-Malang. Sekitar 3 mingguan ke depan, para pengguna digratiskan melintas jalan tersebut. Artinya pengguna tol tidak membayar sepeser pun.

“Tadi sudah saya sampaikan kepada menteri BUMN bahwa untuk awal kalau bisa jangan bayar dulu. Paling tidak sampai lebaran ini,” ucap Jokowi saat peresmian Tol Mapan di pintu keluar tol Singosari, Kabupaten Malang, seperti dikutip dari IDNTimes, pada Rabu (15/5/2019).

Wah, Zens bisa dong nanti mudik melalui jalur ini. Asyik ya!

Memangkas jarak tempuh

Keuntungan yang didapat dari peresmian jalan tol tersebut adalah jarak tempuh yang lebih pendek dari biasanya. Misalnya, untuk pergi ke Surabaya, perjalanan dari Malang membutuhkan waktu 3 hingga 3,5 jam. Itu pun kalau tidak macet. Jika macet, bisa lebih dari 4 jam perjalanan.

Dengan beroperasinya Tol Mapan ini, jarak tempuh Malang-Surabaya hanya memakan waktu sekitar 1 jam. Sangat cepat, bukan?

Bonus pemandangan pegunungan

Jalan tol Mapan menyuguhkan pemandagan yang sangat indah. Jalan yang memiliki panjang 38,5 km ini berada di lembah antara Gunung Arjuno dan kawasan Pegunungan Bromo Tengger Semeru.

Seperti dilansir dari Sindonews, melintas di jalan ini tentu memiliki sensasi tersendiri. Sebab, bisa menyaksikan megahnya Gunung Arjuno, terutama di pagi hari. Selain itu, pengendara juga bisa menyaksikan agungnya Gunung Semeru di sore hari.

Pemandangan yang ditawarkan seolah-olah mirip dengan Tol Salatiga. Tol ini juga menyajikan pemandangan pegunungan yang luar biasa apik.

Sayangnya, tidak ada spot untuk jeprat-jepret, ya, Zens!

Nah, itulah keuntungan-keuntungan yang didapat saat melintasi Tol Mapan. Para driver wajib mencobanya sebelum benar-benar membayar. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.