Ibu Kandung yang Sekap 3 Anaknya Derita Gangguan Jiwa
Alikah saat diamankan petugas karena menyekap ketiga anak kandungnya (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Hasil pemeriksaan medis sementara dari dokter di Rumah Sakit Jiwa Dr Radjiman Wedyodiningrat Lawang menyatakan jika Alikah, warga Desa Sudimoro, Kecamatan Bululawang yang menyekap ketiga anak kandungnya menderita gangguan jiwa.

Hal itu diungkapkan, Kasubbag Humas Polres Malang, AKP Farid Fatoni, Kamis (4/1). Farid mengungkapkan jika pemeriksaan dari psikiater akan dilakukan selama 1 minggu.

“Untuk ibu kandung hingga saat ini masih dirawat di RSJ Lawang. Keterangan sementara dari Dr Budi Cahyono, Alikah mengalami gangguan jiwa,” kata mantan Kapolsek Karangploso itu.

Farid menambahkan jika selama pemeriksaan dari psikiater itu Alikah akan ditempatkan pada ruangan khusus. Ditambah lagi, tidak boleh ada yang membesuk.

Sementara itu, untuk ketiga korban penyekapan, yaitu KN (13), ZS (11) dan DN (6) akan di rawat oleh ayahnya, Romli. Ketiga anak tersebut diketahui masih mengalami trauma.

“Saat dibawa ke Dinas Sosial kondisi ketiga anak tersebut berteriak, menangis dan trauma, sehingga diputuskan untuk sementara diberikan kepada ayah kandungnya, dimana mereka bersedia dan sanggup merawat,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang ibu kadung warga Desa Sudimoro Kecamatan Bululawang, Alikah tega menyekap ketiga buah hatinya selama kurang lebih 1 tahun terakhir. Ketiga anak tersebut diantaranya, KN (13), ZS (11) dan DN (6).

Selama 1 tahun mereka di sekap dan dilarang beraktivitas melihat dunia luar. Ketiga bocah itu juga dilarang untuk bersekolah selama ini. Mereka juga kekurangan makan. Terlihat dari kondisi ketiganya yang mengalami gangguan kesehatan dan kekurangan gizi. Penyakit gatal-gatal juga diderita ketiga itu akibat disekap di sebuah ruangan yang kedap udara dan lembab.

Ruangan yang digunakan Alikah menyekap ketiga buah hatinya itu tertutup rapat. Bahkan jendelanya sengaja di beri plang kayu yang di paku.

Ketiga anak itu berhasil dibebaskan setelah ada laporan dari ayah kandungnya, Romli. Romli diketahui telah bercerai dengan Alikah dan ketiga anak tersebut ikut sang ibu.

Laporan dari Romli tersebut lalu ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian, TNI dan perangkat desa setempat, yang kemudian membebaskan ketiga bocah itu dalam sebuah kamar di rumah Alikah. Polisi juga mengamankan sang ibu, Alikah.

Loading...