Isu Golput Dikalangan Mahasiswa Malang, Ini Solusi Bawaslu!
Bawaslu (istimewa)

MALANGTODAY.NET– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Malang, Jawa Timur meminta kepada Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang untuk membuat laporan resmi terkait sosialisasi empat pilar oleh Ahmad Basarah, di Pendopo Kota Malang, Senin (11/3/2019) lalu.

Sebelumnya, lima mahasiswa yang tergabung dalam tim pemantau independen HMI cabang Malang mengadukan kegiatan sosialisasi ini ke Bawaslu. Mereka meminta Bawaslu untuk menelisik sosialisasi yang menurut HMI memuat unsur pelanggaran dalam pemilu.

Baca Juga  Satpol PP Rutin Tertibkan Alat Peraga Kampanye yang Langgar Aturan

Menurut HMI hal tersebut dikarenakan karena dalam kegiatan sosialisasi itu turut menghadirkan seluruh camat termasuk Kejaksaan sehingga mereka menilai adanya keterlibatan yudisial negara yang bermuatan politis.

Tanggapan Bawaslu

Menanggapi hal ini, Devisi Hukum dan Pendindakan Bawaslu Kabupaten Malang, Geogre Dasilva, meminta mahasiwa yang terdiri dari Ahmad Abyan Aushaf, Satria Tunggara Ode R, Arik Abd. Mohyi dan Mashir Fakhruddin tersebut segera membuat laporan resmi sebelum masa tenggang berakhir.

“Kita minta mereka membuat laporan resmi. Karena ketika mahasiswa datang sifatnya hanya mengadu. Meski demikian sebagai lembaga pengawas Pemilu kita menerimanya,” kata Geogre Dasilva, Selasa (12/3/2019).

Geogre Dasilva juga menjelaskan sebuah laporan harus memenuhi syarat formil maupun syarat materil. Menurutnya syarat formil meliputi adanya pelapor, terlapor, serta identitas. Sementara syarat materiil menyangkut kronologis atau kejadiannya.

“Limit waktu hanya 7 ( tujuh) hari sejak kejadiannya. Lewat dari batas waktu dianggap gugur,” jelasnya lebih lanjut.

Baca Juga  Berantas Tersangka Korupsi, Ketua HMI Malang Apresiasi Penegak Hukum

Geogre pun menghimbau masyarakat untuk berperan aktif untuk ikut mengawasi tahapan pemilu. Dia juga mengharapkan agar masyarakat mau bersedia melapor jika menemukan adanya pelanggaran terkait pemilu.

Seperti yang telah diketahui, sebelumnya Ahmad Basarah yang juga merupakan salah satu caleg DPR RI, dalam sosialisasi empat pilar menegaskan pentingnya menjaga keutuhan bangsa yang dikemas dalam empat pilar, NKRI, Pancasila, UUD1945 dan Bhinneka Tunggal Ika. Kegiatan tersebut bertempat di Pendopo kota Malang, Senin (11/3/2019). (Faj/end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.