Jurnalis Detikcom Diintimidasi Saat Liput Aksi 211 Bela Tauhid, Ini Kata AJI
Ilustrasi jurnalis asing (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Sejumlah jurnalis yang hendak bertugas melakukan peliputan pada kegiatan pelantikan direksi baru Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang mendapat perlakuan buruk dari panitia penyelenggara kegiatan.

Para pewarta yang hendak bertugas tersebut diusir secara langsung oleh panitia kegiatan. Adalah Anton Subagyo, salah satu panitia sekaligus staf Humas Perumda Tirta Kanjuruhan yang melakukan tindakan tidak terpuji tersebut.

Insiden tersebut berawal ketika kegiatan pelantikan belum dimulai di lantai tiga gedung Perumda Tirta Kanjuruhan. Pada saat itu, para awak media yang hadir sedang berkumpul di salah satu sudut venue kegiatan dan bersiap menjalankan tugasnya.

Ketika itu, Anton mendatangi tiap personal awak media yang kemudian menyampaikan bahwa dalam peliputan kali ini harus dilakukan secara bergantian. Tidak berhenti disitu, Anton bahkan sempat mengintruksikan kepada salah satu jurnalis dari media JTV Malang, Rokim Alfarizi agar turun dari lantai tiga atau keluar dari venue kegiatan.

“Saya disuruh turun oleh Anton, dengan alasan untuk mengambil gambar harus bergantian. Jika wartawan televisi gak mungkin bergantian, bisa kehilangan momen pelantikan itu,” ujar Rokim, Rabu (24/4/2019).

Terpisah, Wakil Ketua PWI Malang Raya, Cahyono sangat menyayangkan terjadinya insiden tersebut. Dia pun mengecam panitia penyelenggara kegiatan yang secara terang-terangan menghalangi tugas jurnalistik.

“Kita sangat kecewa. Ini merupakan bentuk penghinaan pada tugas jurnalis,” kata pria yang akrab disapa Yoyok ini. (DHI/AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.