Penggalian yang dilakukan para arkeolog di situs Sekaran Desa Sekarpuro Pakis (Dhimas)
Penggalian yang dilakukan para arkeolog di situs Sekaran Desa Sekarpuro Pakis @Dhimas/MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Hari ini, Kamis (21/3/2019) merupakan hari terakhir ekskavasi atau penggalian oleh tim arkeolog di situs Sekaran, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Salah satu arkeolog dari Badan Peninggalan Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, ada beberapa kesepakatan yang telah dijalin oleh pihaknya dan stakeholder terkait.

“Kemarin kita sudah adakan pertemuan, dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, kemudian Muspika Pakis, dengan Jasa Marga. Terus didapatkan kesepakatan bersama, pertama kita minta juga ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan turut melestarikan situs ini,” ucap Wicaksono, baru-baru ini.

Selanjutnya, ada juga bantuan pembangunan atap dari Jasa Marga. Dibangunnya atap itu bertujuan agar situs Sekaran bisa terlindungi dari panas dan hujan, sehingga tidak mengalami kerusakan.

“Kemudian karena situs ini terbuat dari bata, yang rentan oleh panas dan hujan, kita minta Jasa Marga buat atap pelindung, dan alhamdulilah disanggupi. Terus nanti sama dari desa memberi pagar keliling, sementara dari bambu, untuk mengamankan situs dan bantuan dari Linmas untuk misalnya ada orang-orang di malam hari yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

Terpisah, Kadisparbud Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara membenarkan bahwa ada sejumlah rekomendasi yang dihasilkan dalam pertemuan antara pihaknya, BPCB Trowulan, Jasa Marga, Pemerintah Desa Sekarpuro dan Jasa Marga.

“Terkait pengamanan, penanganan, dan pelestarian. Semua pihak bertanggung jawab untuk menjaga warisan budaya yang ada di Situs Sekaran ini. Keberadaan situs tersebut diharapkan bisa memberi manfaat bagi masyarakat sekitar,” ujar Made Arya. (DHI/AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.