Harga Susu Rendah, Peternak Alihkan Sapi Perah Jadi Sapi Potong
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto dalam kunjungan ke salah satu pabrik pengolahan susu di Ngajum @dhimas

MALANGTODAY.NET РMasih minimnya perusahaan pengolahan susu segar yang bermitra dengan peternak sapi perah lokal, membuat kebutuhan bahan baku susu segar dalam negeri sekitar 3,7 juta ton, hanya bisa dipasok sebesar 852 ribu ton atau 23 persen saja di tahun 2016.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan harga susu segar masih dihargai rendah sehingga muncul fenomena banyak peternak mengalihkan sapi perah menjadi sapi potong.

“Akhirnya untuk memenuhi kebutuhan bahan baku susu segar kita impor sebanyak 2,8 juta ton atau 77 persen dari luar negeri,” ujar Airlangga dalam acara peresmian sebuah pabrik pengelolahan susu di Palaan Ngajum, Kamis (4/5).

Ia menambahkan agar pihak perusahaan susu bisa lebih aktif berinteraksi dan bermitra dengan peternak sapi perah yang ada di wilayah beroperasi.

“Hingga saat ini ada 58 perusahaan pengolahan susu sapi segar, tetapi hanya 8 perusahaan saja yang ¬†bermitra dengan peternak lokal,” imbuhnya.

Untuk menyiasati hal tersebut, Kementerian Perindustrian sendiri saat ini telah mencanangkan pengembangan industri pengolahan nasional melalui program kemitraan antara industri pengolahan susu dengan peternak.

“Kita berharap masalah peternak bisa teratasi dan perusahaan bisa berproduksi serta menghasilkan kualitas dan kuantitas susu sapi segar dalam memenuhi kebutuhan dalam dan luar negeri,” jelasnya.(mas/zuk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.