Modus Ritual di Gunung Kawi, Pria Asal Bekasi Ini Malah Gondol Honda Brio
Mobil Honda Brio yang dicuri pelaku dengan modus ritual di Gunung Kawi (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Seorang laki-laki warga Kampong Depok Jatiasih, Bekasi Jawa Barat, Arsin (31), terpaksa diringkus polisi usai mencuri mobil Honda Brio AD 9184 EP milik pramuwisata di pesarean Gunung Kawi, Kabupaten Malang.

Kasubbag Humas Polres Malang, AKP Farid Fatoni menjelaskan, aksi pencurian itu berawal saat pelaku datang ke pesarean Gunung Kawi di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Sabtu (24/7).

Baca Juga: Gokil dan Bangga! Angklung Masuk ke Kurikulum Sekolah di Inggris!

Disitu pelaku berkenalan dengan korban, Harianto, yang juga seorang pramuwisata di pesarean Gunung Kawi.

Awalnya, pelaku mengaku datang ke Gunung Kawi untuk melakukan ritual selamatan dan nyekar ke pesarean.

“Setelah berkenalan, pelaku ingin melakukan ritual selamatan. Dan kemudian setelah selamatan, pelaku tinggal menginap di rumah orangtua korban,” ujar Farid Fatoni, Sabtu (28/7).

Baca Juga: Dukung Kulon Progo, Houtenhand Gelar Konser Solidaritas

Saat numpang menginap di rumah orangtua korban itu, pelaku melancarkan aksinya. Pelaku menggondol mobil milik korban yang terparkir di halaman rumah.

“Saat itu korban mencari alat-alat untuk ritual ke Kepanjen. Pelaku mencuri kendaraan Honda Brio milik korban yang diparkir di halaman rumah dengan cara mengambil kunci mobil di meja,” tambahnya.

Mengetahui mobilnya dicuri pelaku, korban melaporkan kejadian itu ke Polsek Wonosari. Pihak kepolisian pun langsung melakukan penyelidikan.

Modus Ritual di Gunung Kawi, Pria Asal Bekasi Ini Malah Gondol Honda Brio
Pelaku pencurian mobil bermodus ritual (Istimewa)

Baca Juga: Tak Begitu Dikenal, Inisiatif Buatkan Website untuk Coban Jahe dan Srengenge

“Pada hari Rabu, 25 Juli, Unit Reskrim Polsek Wonosari mengetahui informasi keberadaan kendaraan korban di wilayah Bekasi, melalui GPS yang terpasang di kendaraan korban. Kemudian dilakukan pengejaran, dan berhasil menangkap pelaku yang saat ditangkap berada di rumah kontrakannya di Bekasi,” jelas Farid.

Setelah melakukan koordinasi dengan kepolisian di wilayah dimana pelaku diringkus, petugas dari Polsek Wonosari kemudian membawa pelaku kembali ke Malang untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut. Saat ini, pelaku bersama barang bukti telah diamankan di Polsek Wonosari.


Reporter: Dhimas Fikri
Editor: Annisa Eka Safitri

Loading...