Gunung Bromo Semburkan Abu Vulkanik, Wisatawan Diminta Waspada
Ilustrasi erupsi gunung bromo@tribunnews

MALANGTODAY.NET – Aktivitas Gunung Bromo menunjukkan peningkatan dalam sepekan terakhir. Saat ini, gunung yang memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut (Mdpl) itu berstatus waspada level II.

Semburan abu vulkanik juga terlihat muncul dari kawah gunung eksotis ini. Wisatawan yang berkunjung ke gunung yang berada di empat wilayah kabupaten ini  pun diminta untuk waspada dengan peningkatan aktivitas ini.

“Masih aman, radius satu kilometer dari bibir kawah,” kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bagyo Setiono, Senin (18/3/2019).

Pria yang akrab disapa Walet ini menambahkan, abu vulkanik Gunung Bromo bisa mengarah kemana saja tergantung arah angin.

“Arah angin tidak tentu, bisa mengarah ke Utara, Barat dan Tenggara,” terangnya.

Lebih jauh, pria yang sebelumnya menjabat Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang ini mengimbau agar wisatawan atau masyarakat yang beraktivitas di sekitar gunung yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini  dapat menyiapkan masker, agar tidak terpapar abu vulkanik.

“Ya, masyarakat pasti sudah tahu apa yang harus dilakukan,” ungkapnya.

Selain itu, BPBD bakal menyiapkan posko jika ada peningkatan aktivitas lanjutan Gunung Bromo. (Dhi/end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.