Gelar Ramp Check dan Tes Urine, Petugas Gabungan Sisir Terminal Sumberpucung
Petugas gabungan yang tengah memberhentikan beberapa pengemudi dan selanjutnya digiring untuk melakukan tes urine @Istimewa

MALANGTODAY.NET – Jelang libur Tahun Baru 2019, petugas gabungan yang terdiri dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten Malang, Polres Malang serta Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Malang, Kamis (27/12/2018) siang menggelar Ramp Check dan tes urine, di Terminal Karangkates, Sumberpucung, Kabupaten Malang.

Kasatlantas Polres Malang AKP William Thamrin Simatupang menjelaskan, kegiatan ini dilakukan sebagai kegiatan preventif untuk menekan angka kecelakaan. Hal ini mengacu pada kondisi lalu lintas yang terpantau padat menjelang libur Tahun Baru 2019 lalu.

“Jelang tahun baru banyak kendaraan yang bepergian. Kami tes urine sama kelengkapan surat maupun KIR-nya. Kami imbau pula bagi para pengemudi kalau misal mengantuk di jalan lebih baik berhenti dan beristirahat,” ujar William.

Semenjak siang, petugas dari kepolisian dan Dishub yang berjaga di depan pintu masuk terminal tampak menggiring para pengemudi truk, bus dan kendaraan pribadi untuk dilakukan ramp check untuk kendaraan dan tes urine bagi pengemudi. Terkait hasil tes urine, Kasi Rehabilitasi BNN Kabupaten Malang, Mohammad Khoirul, menjelaskan hasil tes urine pengemudi seluruhnya negatif.

“Hasil tes urine tak ada indikasi penggunaan obat-obat terlarang oleh para pengemudi. Selain tes urine ada cek tensi juga untuk para supir,” jelas Khoirul.

Selain itu AKP William mengungkapkan, tak ada tindakan penilangan dari hasil kegiatan tersebut. Hampir semua pengemudi membawa surat-surat serta kelengkapan berkendaranya. Namun ada salah satu pengendara yang didapati kendaraannya telat uji KIR.

“Tadi tak ada yang ditilang, surat-surat seperti SIM dan STNK dia bawa. Cuman yang KIR itu ditangani kawan-kawan Dishub,” pungkas William.


Reporter: Andika Fajar Kurniawan
Editor: Radea Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.